Lebih dari Separo Petani di Bojonegoro adalah Petani “Gurem”

oleh
oleh
(Infografis, sumber : Publikasi " “Hasil Pencacahan Lengkap Sensus Pertanian 2023 Kabupaten Bojonegoro Tahap 1” BPS Bojonegoro)

Bojonegoro, damarinfo.com- Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bojonegoro yang disampaikan dalam Publikasi “Hasil Pencacahan Lengkap Sensus Pertanian 2023 Kabupaten Bojonegoro Tahap 1” menyebutkan 72,37 persen petani pengguna lahan adalah Petani Gurem. Artinya lebih dari separo petani di Bojonegoro hanya memiliki lahan kurang dari setengah (1/2) Hektar.

Dalam publikasi yang tercantum dalam katalog nomor 5106043.3522 disebutkan bahwa Petani pengguna lahan pertanian di Bojonegoro sebanyak 258.868 orang, dari jumlah tersebut petani guram berjumlah 187.354 orang.

Kecamatan dengan dengan jumlah Petani Gurem terbanyak adalah Kecamatan Kedungadem dengan jumlah petani 18.833 orang, sementara Petani Guremnya sebanyak 13.290 orang atau 71 persen.  Berikutnya adalah Kecamatan Tambakrejo dengan jumlah Petani Gurem sebanyak 11.778 orang dari 16.061 petani atau 73 persen. Dan diurutan ketiga adalah Kecamatan Ngasem dengan persentase Petani Gurem sebesar 71 persen, dari 16.139 petani, 11.453 petani adalah petani Gurem.

Berikut 10 Kecamatan dengan jumlah petani Gurem terbesar di Kabupaten Bojonegoro hasil Sensus Pertanian 2023 (Tahap 1).

Baca Juga :   Petani Hutan Blora Demo Dukung Pelaksanaan KHDPK
(Tabel 10 Kecamatan di Bojonegoro dengan jumlah Petani Gurem terbesar. Data di olah dari Publikasi BPS Bojonegoro)

Sementara berdasarkan persentase petani Gurem, Berikut 10 Kecamatan dengan persentase Petani Gurem terbesar

Baca Juga :   Tersengat Listrik Jebakan Tikus, Satu Keluarga Meninggal
(Tabel 10 Kecamatan di Bojonegoro dengan persentase Petani Gurem terbesar. Data di olah dari Publikasi BPS Bojonegoro)

Definisi:

  • Jumlah   Petani   Pengguna  Lahan Pertanian merupakan banyaknya orang dan/atau  beserta  keluarganya yang menggunakan lahan pertanian (tidak termasuk  lahan budidaya di laut atau perairan umum) dan lahan lainnya (bukan lahan pertanian dan bukan lahan tempat tinggal)
  • Jumlah  Petani  Gurem  merupakan banyaknya orang  seorang  dan/atau beserta keluarganya  yang menguasai lahan pertanian  (tidak termasuk  lahan budidaya di laut atau perairan  umum) kurang dari setengah hektare dan tidak termasuk lahan lainnya

Penulis : Syafik

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *