Layanan Sijati dan Gesitpol di Pengadilan Negeri Blora

oleh
SEPAKAT : Penandatangan MoU pemanfaatan layanan SIJATI dan GESITPOL oleh pengadilan negeri, polres, kejaksaan dan rutan Blora di Pengadilan Negeri Blora, Kamis 12-11-2020.Foto/Ais

Blora – Pengadilan Negeri (PN) Blora melakukan inovasi di masa pandemi Covid-19. Dua layanan berbasis internet diluncurkan. Yakni SIJATI (Siap Jawab Otomatis) dan GESITPOL (Geledah, Sita, Tahanan, Putusan Online).

SIJATI bisa digunakan oleh masyarakat umum. Sedangkan GESITPOL dipakai kalangan aparat penegak hukum. ‘’SIJATI ini sebenarnya sudah ada sejak Juli 2020. Namun, belum banyak masyarakat yang mengetahuinya. Sehingga melalui sosialisasi ini kami berharap makin banyak masyarakat yang tahu dan menggunakannnya,’’ ujar Ketua PN Blora Budi Setyawan di acara sosialisasi inovasi PN Blora di Ruang Sidang Cakra, Kamis 12-11-2020.

Selain para hakim dan panitera PN Blora, sosialisasi dihadiri Kapolres AKBP Ferry Irawan dan jajarannya, dari kejaksaan negeri, rumah tahanan negara (Rutan), perwakilan pemkab serta tamu undangan lainnya. Dalam kesempatan itu dilakukan penandatanganan MoU penggunaan aplikasi SIJATI dan GESITPOL antara PN, polres, kejaksaan dan rutan. ‘’Kami terus berbenah untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,’’ tegas Budi Setyawan.

Dia menjelaskan, penggunaan nama SIJATI antara lain didasari pada kearifan lokal Blora sebagai daerah penghasil kayu jati. SIJATI merupakan robot virtual PN Blora sebagai sarana untuk memperoleh informasi melalui aplikasi whatsapps (WA). Masyarakat bisa mengaksesnya melalui nomor 081216365007. SIJATI adalah asisten virtual yang siap menjawab pertanyaan seputar layanan dan informasi PN Blora seperti informasi tilang, informasi perkara, dan jadwal sidang. ‘’Disediakan barcode yang bisa discan untuk chat langsung. Aplikasi ini juga untuk mengukur kinerja pegawai PN Blora. Sehingga bisa menjadi reminder (peringatan, red) bagi kami jika ada pertanyaan yang belum dijawab ataupun data yang belum diupdate,’’ kata Budi Setyawan.

Baca Juga :   Blora Perlu Bale Mediasi Dalam Rangka Pembaharuan Hukum

Adapun aplikasi GESITPOL, digunakan aparat penegak hukum dalam mengurus berkas-berkas yang terkait dengan penggeledahan, penyitaan, tahanan, putusan online. Budi Setyawan menjelaskan, dengan memanfaatkan aplikasi GESITPOL, tahapan pengurusan berkas yang dilakukan aparat penegak hukum bisa lebih efektif dan efisien. ‘’Wilayah Blora ini kan cukup luas. Dengan aplikasi GESITPOL ini penyidik bisa menginput berkas. Ini bisa mengurangi satu tahap pengurusan yang biasanya dilakukan langsung dengan datang ke PN. Tujuan dari GESITPOL ini salah satunya adalah memberi kemudahan bagi kalangan penegak hukum,’’ jelasnya.

Baca Juga :   Blora Perlu Bale Mediasi Dalam Rangka Pembaharuan Hukum

Lebih lanjut Budi Setyawan mengemukakan, pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi sudah cukup lama dilakukan jajaran Mahkamah Agung, Pengadilan Tinggi dan Pengadilan Negeri. Hal itu dilakukan dalam rangka inovasi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Sehingga masyarakat pun semakin dimudahkan. Ada aplikasi e-Court untuk pendaftaran perkara secara elektronik.

Ada juga aplikasi elektronik surat keterangan (Eraterang). Ada juga program Kembang Desa dari Pengadilan Tinggi Semarang dalam bentuk layanan pengadilan di kantor desa berbasis internet. Sedangkan di masa pandemi Covid-19, persidangan dilakukan secara daring dalam rangka pencegahan penyebaran virus korona. ‘’Adanya pandemi Covid-19 dan era new normal membuat kami juga harus menyesuaikan diri,’’ kata Budi Setyawan.
Penulis ” Ais

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *