Layanan Gratis Forum Jumpa Desa di Sekaran

oleh
Kades Keting Jauri saat meninjau pos kesehatan.Foto/ Totok Martono

Kegiatan Jumat Pelayanan Berkah (Jumpa Desa) digelar di Pendopo Kantor Desa Keting, Kecamatan Sekaran, Lamongan, pada Jumat 28-2-2020. Acara jumpa desa yang memberikan layanan gratis ke warga menjadi program inovatif Forum Komunikasi Pimpinan (Forkompincam) Sekaran, Lamongan.

Menurut Sekretaris Kecamatan Sekaran, Alvin, kegiatan jumpa desa dimaksudkan untuk lebih mendekatkan dan memudahkan pelayanan ke masyarakat. Yaitu mulai dari pengurusan administrasi, pelayanan kesehatan hingga pengurusan surat kehilangan, KCK dan lainnya. “Ini mempermudah layanan,” katanya.

Kegiatan ini dilakukan setiap bulan secara bergulir di 21 desa Kecamatan Sekaran. Kegiatan ini baru berlangsung dua kali, di Desa Moro bulan Januari dan di Desa Keting.

Alvin mewakili Camat Sekaran Agus Hendrawan yang sedang umroh mengapresasi besarnya animo warga yang datang ke pendopo kantor desa. Tidak saja dari warga Keting namun juga dari desa-desa lain di Kecamatan Sekaran.

Baca Juga :   Dua Rumah di Desa Jampet Ludes Terbakar

Kepala Desa Keting Jauri mengungkapkan rasa terima kasih atas kepedulian Forkompimcam dengan menggelar kegiatan jumpa desa di Desa Keting. “Masyarakat merasa terbantu karena tidak usah jauh-jauh datang ke kantor kecamatan atau Polsek untuk mengurus keperluan. “Apalagi ada pemeriksaaan kesehatan juga. Semuanya gratis,” papar Jauri.

Santunan anak yatim di kegiatan jumpa desa. Foto/ Totok Martono

Terdapat tiga pos pelayanan gratis yang diberikan. Yaitu pos pelayanan kesehatan terpadu (Posbindu) Penyakit Tidak Menular (PTM) dari Puskesmas Sekaran. Sekitar 10 petugas diturunkan untuk pemeriksaan kesehatan dan pengobatan dan pelayanan KB gratis. Puluhan warga yang didominasi lansia mengantri untuk mendapatkan pelayaan kesehatan.

Sedang sekretariat Kecamatan Sekaran memberikan pelayanan gratis pelayanan KTP dan Kartu Kelurga (Kependudukan), surat keterangan (leges), akte kelahiran dan surat perizinan. “Ada puluhan warga meminta pelayanan. Sebagian besar mengurus KTP dan KK,” terang Kasubag Umum Sekaran Nur Khasanah.

Baca Juga :   Kasus Kematian Covid-19 di Bojonegoro Capai 21 Orang

Sedang di pos Kepolisian Sektor (Polsek) Sekaran memberikan pelayanan surat kehilangan, pengurusan KCK, pengaduan dan konsulitasi Kamtibmas. Kapolsek Sekaran AKP Anggono mengatakan selain dengan jajarannya juga mengajak Pengurus Ranting Bhayangkari Kecamatan Sekaran.“Anggota bersama pengurus Bhayangkari juga memberikan bantuan sosial berupa 30 bingkisan kepada masyarakat yang membutuhkan,” terangnya.

Di kegiatan itu juga diberikan bantuan kepada anak yatim dari keluarga tidak mampu dari SDN Keting. Sebanyak 20 anak mendapatkan santunan. Sebagian dana berasal dari iuran sukarela staf kecamatan dan sebagian lagi bantuan pribadi dari Kades Keting.
Penulis : Totok Martono
Editor : Sujatmiko

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *