Kurangi Dampak Pemanasan Global, Babinsa Koramil Kapas Bojonegoro dan Pemdes Bendo Tanam Pohon

oleh
oleh
Anggota Koramil Kapas melakukan tanam pohon

Bojonegoro, damarinfo.com – Dalam rangka menjaga kelestarian fungsi lingkungan hidup dan mencegah terjadinya kerusakan lingkungan, jajaran Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 02/Kapas Kodim 0813 Bojonegoro, bersama Pemerintah Desa (Pemdes) Bendo dan elemen masyarakat melaksanakan karya bakti penanaman pohon penghijauan di ruas jalan poros desa setempat, Jum’at 26-Januari-2024.

Sebanyak 140 batang pohon penghijauan jenis trembesi, tabebuya dan flamboyan ditanam dalam kegiatan yang dihadiri Bati Bakti TNI Koramil 0813-02/Kapas, Serma Supriyanto, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Kepala Desa Bendo, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bojonegoro, Frika Deddy Sofyan, ST., Bidan dan Ketua BPD Desa Bendo, HIPPA Harta Tirta Desa Bendo, serta Kelompok Tani (Poktan) Mekar Jaya dan masyarakat sekitar.

Babinsa Desa Bendo, Sertu Adi Widayat, mengatakan, kegiatan penanaman ratusan pohon tersebut dilakukan sebagai upaya mendukung dan mensukseskan program pemerintah dalam rangka melaksanakan gerakan penghijauan guna menjaga dan melestarikan lingkungan hidup. Sehingga dengan adanya penanaman pohon penghijauan tersebut dampak dari pemanasan global dan kekeringan dapat diminimalisir.

Diharapkan juga pada saat musim penghujan, penghijauan ini bisa mengurangi risiko bencana tanah longsor dan banjir khususnya diwilayah Desa Bendo Kecamatan Kapas dan Kabupaten Bojonegoro pada umumnya. Dalam kesempatan itu, Babinsa juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama peduli terhadap lingkungan, menjaga dan melestarikannya demi masa depan generasi penerus bangsa.

Baca Juga :   Meminimalisir Risiko Bencana Alam, Kodim 0813 Bojonegoro Tanam 2000 Pohon

“Mari bersama kita galakkan penghijauan dilingkungan sekitar, agar anak cucu kita nantinya bisa menikmati hasil yang positif dari kegiatan tanam pohon yang kita lakukan saat ini,” kata Sertu Adi Widayat.

Baca Juga :   Polres dan Kodim Bojonegoro Bantu Warga Terdampak Covid-19

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Desa Bendo, Bambang Caroko, dilakukanya kegiatan penanaman pohon penghijauan guna mendukung program penghijauan untuk mereduksi dampak pemanasan global yang bisa memicu terjadinya bencana alam seperti banjir dan tanah longsor.

Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada semua yang sudah terlibat dalam kegiatan karya bakti bersama penanaman pohon penghijauan dalam rangka upaya mendukung program pemerintah. Menurut dia, pepohonan tersebut memiliki andil besar dalam menyerap emisi gas CO2 serta menyerap dan menampung debit air.

“Oleh sebab itu, mari kita bersama-sama mulai dari sekarang menggalakkan penghijauan agar bisa bermanfaat bagi masyarakat luas,” pungkasnya.

 

Penulis : Rozi

Sumber : Penerengankodim0813

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *