Komisioner Bawaslu Moch. Zaenuri Berikan Materi Pemilu dan Demokrasi di SMPN 1 Ngasem

oleh
oleh
Moh. Zainuri Komisioner Bawaslu Bojonegoro saat memberikan materi Pemilu dan Demokrasi Di SMPN 1 Ngasem, jum'at 13-10-2023

Bojonegoro, damarinfo.com – Moch. Zaenuri Komisoner Bawaslu Bojonegoro sampaikan materi Pemilu dan Demokrasi di SMP Negeri 1 Ngasem dalam kegiatan sosialisasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema suara demokrasi dengan topik Pemilihan Ketua dan wakil ketua OSIS (PILKETOS) pada Jum’at, 13-Oktober-2023.

Menurut Moch Zaenuri, Pemilu menjadi hal utama bagi masyarakat untuk memahami hak kedaulatanya dalam bicara demokrasi, dalam hal ini para siswa nantinya akan menjadi agen-agen perubahan dalam kemajuan berdemokrasi di Indonesia, terutama di Kabupaten Bojonegoro.

Baca Juga :   Lagi-Lagi Kasus Pergeseran Suara Pemilu Kembali Terjadi, Kali Ini di PPK Margomulyo

“Demokrasi merupakan bentuk pemerintahan dimana semua warga negara mempunyai hak yang setara dalam pengambilan keputusan yang dapat mengubah hidup mereka baik secara langsung maupun perwakilan,” ujarnya

Masih menurut Zaenuri, Pemilu merupakan sarana bagi masyarakat untuk ikut menentukan figur dan arah kepemimpinan negara atau daerah dalam periode tertentu. Ketika demokrasi mendapat perhatian yang luas dari masyarakat dunia, penyelenggaraan pemilu yang demokratis menjadi syarat penting dalam pembentukan kepemimpinan sebuah negara.

Baca Juga :   Anda¬† Mengidap Tekanan Darah Tinggi. Jangan Daftar PPK Pemilu 2024. Kenapa?

“Jadi dalam pemilihan Ketua OSIS, tentu jika dilangsungkan secara demokratis, untuk keberlangsungan jalannya organisasi akan lebih baik,” tandasnya.

Selain itu, Zaenuri juga menyampaikan terkait sejarah kepemiluan dan kepartaian di Indonesia serta tahapan penyelenggaraan pemilu mulai dari tahapan pemutahiran daftar pemilih, pencalonan, kampanye, para pihak dan pemungutan suara, penghitungan suara.

“Pesan saya adalah, pemuda masa kini adalah pemimpin masa depan,” pungkasnya.

Penulis : Rozi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *