KKN-T Unigoro di Desa Kalisari, Siap Melakukan Optimalisasi Desa Siaga Bencana Banjir

oleh
oleh
Dr. Nova Nevila Rodhi selaku Dosen Pendamping Lapangan (DPL) membuka acara KKN-T Unigoro di Desa Kalisari Baureno, 15-7-2023

Bojonegoro, damarinfo.com – Optimalisasi desa siaga bencana banjir dengan tema KASIH (Kalisari Sigap Bencana dan Harmoni) dan administrataif e-KASIH menjadi salah satu program lima program Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Kelompok 8 Universitas Bojonegoro (Unigoro) di Desa Kalisari Kecamatan Baureno Kabupaten Bojonegoro, pembukaan dan sosialisasi program kerja KKN-T Unigoro berlangsung di Kantor Desa Kalisari pada Sabtu, 15-Juli-2023.

Pemerintah Desa Kalisari menyambut dan mengapresiasi kedatangan mahasiswa Unigoro peserta KKN-T, terlebih tema yg dibawa sangat relevan dg kondisi Desa Kalisari saat ini.

“Semoga mahasiswa krasan dan program yang direncanakan dapat terlaksana dengan baik,” sambut Beny selaku Kaur Keuangan mewakili Kepala Desa.

Dalam pembukaan dan sosialisasi program kerja KKN-T, Edy Sutrisno Putra selaku Ketua Kelompok 8 menyampaikan lima program unggulan, pertama melakukan optimalisasi desa siaga bencana banjir dengan tema KASIH (Kalisari Sigap Bencana dan Harmoni) dan administrataif e-KASIH, kedua melakukan pemetaan wilayah potensi banjir berbasis Sistem Informasi Geografi (SIG), kemudian ketiga melakukan perencanaan desain dan Rencana Anggaran dan Biaya (RAB) bangunan rumah siaga banjir Flood Resistant House di daerah rawan banjir dan perencanaan bangunan sarana kebutuhan air bersih

Baca Juga :   Tinjau 200 Rumah Kebanjiran, Wabub Wawan Ingatkan Curah Hujan Tinggi

” Ke empat melakukan optimalisasi program bank sampah Amanah dan kelima melakukan gerakan penanaman pohon,” tandasnya.

Dr. Nova Nevila Rodhi selaku Dosen Pendamping Lapangan (DPL) Unigoro yang hadir di lokasi menyampaikan ucapan terima kasih atas diterimanya mahasiswa KKN-T, untuk progam yang telah disampaikan oleh Ketua Kelompok merupakan program yang disusun berdasarkan hasil identifikasi yg dilakukan oleh mahasiswa selama dua bulan sebelumnya dan telah melalui tahapan seminar yang diuji oleh BPBD Bojonegoro dan akademisi.

Baca Juga :   Peduli Banjir, Komunitas Sor Keres Bojonegoro Salurkan Bantuan

“Kami berharap program yang disusun sesuai dengan kebutuhan masyarakat Desa Kalisari, sehingga untuk merealisasikan program selama 1 bulan kedepan,” ungkap Kaprodi Tenik Sipil Unigoro ini.

Kegiatan mahasiswa yang melakukan KKN-T sangat membutuhkan dukungan dan arahan Pemerintah Desa serta dari masyarakat pada umumnya.

“Untuk.kesuksesan program kerja KKN-T, kami sangat membutuhkan dukungan serta arahan dari semua pihak ” Pungkasnya.

Di ahir acara, di lakukan pemotongan tumpeng sebagai simbol pembukaan dan serah terima mahasiswa KKN-T secara resmi di Desa Kalisari kecamatan Baureno Kabupaten Bojonegoro.

Penulis : Rozikin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *