Kasus Positif Covid-19 kian Bertambah, Masyarakat Diharapkan Lebih Patuh

oleh
(Peta Sebaran dan Data Covid-19 Kabupaten Bojonegoro, Jum'at 15-5-2020. Sumber : Humas Pemkab Bojonegoro)

Bojonegoro-Jumlah kasus Positif Covid-19 di Bojonegoro terus bertambah, jika sehari sebelumnya berjumlah 22, per hari ini Jum’at 15-5-2020, jumlahnya secara kumulatif telah mencapai 27 kasus.

Penambahan hari ini paling banyak dari Kecamatan Bojonegoro yakni 4 orang dengan rincian 1 orang ditemukan kasus baru, 1 orang dari peningkatan status dari Pasien Dalam Perawatan (PDP) menjadi Kasus Positif covid-19, dan dua orang PDP yang dinyatakan meninggal dunia pada tanggal 4 Mei dan 9 Mei 2020,  untuk penambahan satu orang yang lain dari Kecamatan Dander.

“Ada penambahan lima kasus terkonfirmasi positif covid-19 hari ini” Kata Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bojonegoro Masirin.

Lanjut Masirin, dari jumlah 27 orang tersebut, 24 orang masih dalam perawatan, sementara 3 orang dinyatakan meninggal dunia.  Dari 24 orang terkonfrimasi positif covid-19, Kecamatan Bojonegoro menjadi Kecamatan dengan kasus tertinggi yakni 7 orang (2 orang meninggal dunia) , selanjutnya dari Kecamatan Dander 4 orang, disusul Kecamatan Dander dan Gondang masing-masing 3 orang. Kasus positif Covid-19 juga ditemukan di Kecamatan Trucuk sejumlah 2 orang, dan dari Kecamatan Sumberejo, Kepohbaru, Purwosari, Kalitidu dan Ngraho, masing-masing satu kasus positif covid-19.

Baca Juga :   Sehari, Positif Corona 10 Orang di Bojonegoro

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro, dr. Wheny Dyah, mengatakan dalam menanggapi terus bertambahnya kasus positif covid-19 di Bojonegoro,  pihak Pemerintah Kabupaten Bojonegoro dalam hal ini Dinas Kesehatan terus berupaya menambah ruang isolasi untuk di beberapa Rumah Sakit untuk merawat Pasien Positif Covid-19.

“kita terus menambah ruang isolasi untuk perawatan” Kata dr. Wheny Dyah

Lebih lanjut, dr. Wheny –panggilanya- menyampaikan kendala dalam memutus mata rantai penyebaran covid-19 adalah kepatuhan masyarakat untuk mengikuti protokol pencegahan covid-19 belum optimal.

“kendala ini dihadapi oleh semua kabupaten di Indonesia” Pungkas dr. Wheny.

Baca Juga :   Di Tambakrejo Petugas Seberangi Sungai demi Vaksinasi

Sementara itu untuk status PDP, ada penambahan baru di Kecamatan Bojonegoro 1 orang, disamping peningkatan status PDP ke Positif sebanyak 2 orang.. Sehingga PDP hari ini dalam pengawasan sebanyak 7 orang di Kecamatan Bojonegoro 2 orang, Trucuk 1 orang, Kepohbaru 1 orang, Kanor 1 orang, Dander 1 orang dan Baureno 1 orang. Status PDP kumulatif sebanyak 11 orang, 7 orang dalam pengawasan dan meninggal dunia 4 orang.

Untuk status ODP masih ada penambahan baru sebanyak 4 orang, di Kecamatan Bojonegoro 1 orang, Sumberrejo 1 orang, Baureno 1 orang dan Dander 1 orang. Disamping yang selesai pemantauan sebanyak 3 orang di Malo 1 orang dan Ngasem 2 orang. Sehingga jumlah ODP pada hari ini adalah sebanyak 32 orang. ODP selesai pemantauan secara kumulatif sebanyak 185 orang, ODP keseluruhan secara kumulatif sebanyak 218 orang. Untuk status ODR sebanyak 39.645 orang dan OTG sebanyak 366 orang.

Penulis : Syafik

Sumber : Humas Pemkab Bojonegoro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *