Kasus Covid Melonjak, Pemkab Bojonegoro Belum Lakukan Refocussing Anggaran

oleh
oleh
Anggota Komisi B/anggota Banggar DPRD Bojonegoro, Lasuri.Foto/Bojonegorokab.go.id

Damarinfo, Bojonegoro – Lonjakan kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Kabupaten Bojonegoro tidak membuat Pemerintah Kabupaten Bojonegoro untuk segera melakukan refocussing anggaran untuk penanganan pandemi covid-19.

Anggota Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bojonegoro Lasuri mengatakan bahwa dirinya sudah berkali-kali menyampaikan untuk melakukan refocussing anggaran untuk penanganan covid-19, tapi sampai saat ini (Senin 12-7-2021) belum ada tanda-tanda Pemkab Bojonegoro melakukan refocussing.

“Keadaanya semakin genting, jumlah orang yang meninggal akibat covid-19 di Bojonegoro meningkat tajam, koq belum ada upaya refocussing” Tegas Lasuri

Lanjut Lasuri, refocussing anggaran ini penting untuk menyediakan kebutuhan medis, tidak hanya tempat tidur, termasuk alat Polymerase Chain Reaction (PCR) agar warga yang terpapar segera diketahui sehingga segera dapat ditangani. Tujuanya untuk menekan angka kematian akibat covid-19. Selain itu menurut pria yang juga Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Bojonegoro ini, tenaga medis juga harus ditambah dengan insentif yang lebih besar.

Baca Juga :   Nikah di Masa PPKM Darurat, Harus Uji Swab

“Kita punya uang, kenapa tidak segera dimanfaatkan untuk penanganan pandemi covid-19 ini?ada apa sebenarnya” Ujar Lasuri

Lasuri juga meminta kepada pemkab selain urusan kesehatan, pemkab harus juga memperhatikan dampak ekonomi yang dirasakan oleh masayrakat. Refocussing anggaran harus juga ditujukan untuk membantu para Pedagang Kaki Lima (PKL) dan pelakua Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Baca Juga :   Di Cepu, 40 Orang OTG Corona Jalani Isolasi

“Prosesnya mudah sekali, Bupati tinggal membuat Perbup dan hanya memberi tahukan kepada Pimpinan Dewan” Pungkas Lasuri

Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bojonegoro Nurul Azizah mengatakan semestinya jika sesuai aturan ada refocussing.

“Kalau lihat aturan ya dilaksanakan refocussing” Kata Sekda Perempuan Pertama di Bojonegoro ini.

Data Satgas Covid-19 Kabupaten Bojonegoro per Senin 12-7-2021, jumlah terkonfrimasi positif adalah 2.635, aktif 476 dan sembuh 2.030, sementara yang meniggal 129 orang.

Penulis : Syafik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *