Kanten Ditetapkan sebagai Desa ODF

oleh
Camat Tucuk Heru Sugiharto dan Tim Verifikasi ODF dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro.Foto/dok.Kecamatan Trucuk

Bojonegoro-Desa Kanten, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Bojonegoro dinyatakan sebagai desa terbebas dari Open Defecation Free (ODF) atau buang kotoran sembarangan. Desa-desa lain di kabupaten ini diharapkan juga menyusul.

Tim verifikasi ODF dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro melakukan verifikasi ke Desa Kanten. Tim melakukan pengecekan data dan mendatangi rumah-rumah warga di desa seberang Sungai Bengawan Solo ini.

Menurut Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Bojonegoro dr Lucky Imroah, bahwa Desa Kanten Kecamatan Trucuk telah ditetapkan sebagai desa ODF. Rujukannya sesuai hasil verifikasi tim dengan anggota dari Dinas Kesehatan Bojonegoro dan Kepala Puskesmas Kecamatan Trucuk, camat dan anggota lainnya. “Ya kita tetapkan Desa Kanten Kecamatan Trucuk sebagai Desa ODF, tegas dr Lucky Imroah di Balai Desa Kanten, Rabu 29-Juli-2020.

Menurut dr Lucky Inroah, setelah dilakukan pengecekan atas ODF di Desa Kanten ini, juga masih ada beberapa indikator dengan rujukan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). Untuk pendekatan ini harus diupayakan bersama untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Misalnya berkaitan dengan sanitasi dan perilaku masyarakat dengan pendekatan kesehatan. “Jadi indikatornya di antaranya itu, ujarnya.

Baca Juga :   Deklarasi Damai Calon Kepala Desa di Bojonegoro

Camat Trucuk Heru Sugiharto menyatakan terima kasih kepada seluruh Tim penggerak ODF Kabupaten Bojonegoro. Penting memberi arahan perilaku masyarakat setidaknya kebiasaan buang air besar (BAB) dengan cara benar, sehat dan pada tempatnya. “Kita mendukung kesehatan masyarakat apalagi Kecamatan Trucuk dinyatakan sebagai Kecamatan ODF,” kata mantan Kepala Bagian Humas Pemerintah Kabupaten Bojonegoro ini.
Penulis : Syafik/sumber Kecamatan Trucuk

Baca Juga :   Tiga Makam Tua Jadi Magnet Desa Prunggahan Wetan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *