Kabar Gembira, Seleksi CPNS dan PPPK Digelar Akhir Mei 2021

oleh -
Bupati Bojonegoro Anna Muawanah melantik 84 pejabat di Pemkab Bojonegoro, dimana mereka yang dilantik tetap menggunakan aturan protokol kesehatan, di Pendopo Malowopati, Rabu 29-4-2020.Foto/dok. Humas Pemkab Bojonegoro

Damarinfo-Bojonegoro. Kabar gembira bagi warga Indonesia, juga untuk warga Bojonegoro, bahwa seleksi Calon Aparatus Sipil Negara (CASN) segera dimulai. Seleksi Calon ASN terdiri dari seleksi Calon Pengawai Negeri Sipil (CPNS) dan Calon Pegawai Permintah Perjanjian Kontrak (PPPK). Pengumuman dilaksanakan pada tanggal 30 Mei 2021, dan pendaftaranya mulai  tanggal 31 Mei 2021.

Sekertaris Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Bojonegoro Aan Syahbana menyampaikan, untuk CASN tahun di Bojonegoro yang tersedia adalah 704 formasi. Dengan rincian untuk formasi PPK sebanyak 358 terdiri dari Tenaga Pendidikan 351 dan tenaga kesehatan 7 formasi.  Sementara untuk formasi CPNS sebanyak 346 terdiri dari 235 tenaga kesehatan dan 111 tenaga teknis.“Untuk persyaratan saat ini sedang dalam pembahasan,” katanya.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi (Men PAN RB) telah membuat jadwal seleksi CASN dan CPPPK.(lihat grafis)

Dalam keteranganya menyebutkan

Baca Juga :   Calo Simulasi CAT CPNS di Blora Bergentayangan

1.MekanismeseleksiP PPK  gurusebagaimanajadwaldi atas, akan diatur kemudian yang akan dijelaskan dalam rapat koordinasi antara PemerintahDaerah, Kementerian PANRB, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan Badan KepegawaianNegara (waktuakandiinformasikankemudian).

2.Seluruh kegiatan di atas diselenggarakan dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan yang berpedoman pada Keputusan Menteri Kesehatan R.I. NomorHK.01.07/MENKES/382/ 2020 Tentang Protokol Kesehatan Bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Corona  Virus Disease 2019 (Covid-19).

3.Jadwal tersebut dapat disesuaikan apabila terdapat perubahan kebijakan pemerintah terkait status Pandemi Covid-19, sehingga tidak memungkinkan melaksanakan kegiatan dimaksud.

Sementara di lingkungan Kementrian Agama Republik Indonesia (Kemenag) juga terdapat seleksi untuk tenaga pendidik melalui jalur PPPK. Seperti dalam siaran persnya di laman kemenag.go.id disebutkan bahwa  Sekjen Kementerian Agama Nizar mengatakan, Kemenag akan menggelar seleksi PPPK bagi guru madrasah. Menurut Nizar, pihaknya tahun ini telah mengalokasikan 9.495 formasi PPPK untuk guru madrasah.  “Tahun ini, ada 9.495 formasi PPPK yang disiapkan bagi guru madrasah. Mereka adalah eks Tenaga Honorer K-II yang tidak dapat mengikuti seleksi PPPK pada tahun 2019,” jelas Nizar di Jakarta, Rabu 24-3-2021

Baca Juga :   Ikut Tes SKB CPNS di Blora

Selain itu, lanjut Nizar, Kemenag juga telah mengusulkan 27.303 formasi PPPK untuk guru agama di sekolah negeri. Formasi ini tersebar pada sekolah negeri yang ada di 393 Pemerintah Daerah.  “Jumlah ini terdiri atas 22.927 formasi guru agama Islam, 2.727 guru agama Kristen, 1.207 guru agama Katolik, 403 guru agama Hindu, dan 39 guru agama Budha,” jelasnya.

Penulis : Syafik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *