Jumlah Tanam Sedikit, Harga Tembakau di Bojonegoro Bagus

oleh
oleh
(Petani di Desa Ngujung Kecamatan Temayang Merajang Daun Tembakau. Foto : Rozi)

Bojonegoro, damarinfo.com – Harga tembakau di Bojonegoro musim tanam tahun ini  menggembirakan, pasalnya hanya cukup bagus di tingkat petani. Untuk daun tembakau per kilo gramnya bisa laku Rp. 2.000 – Rp. 4.000 dan untuk tembakau rajangan mencapai harga Rp. 30.000 – Rp. 35.000 per kilo gramnya  dan bisa lebih. Harga tersebut untuk tembakau jenis Jawa, BHT dan CK.

Hal itu dapat di jumpai di wilayah Kecamatan Sugihwaras dan Temayang, seperti yang di ungkapkan Salikun salah satu petani tembakau, jika harga tembakau saat ini bagus, namun jumlah panen tidak banyak di tingkat petani karena petani yang menanam tanaman bahan rokok ini banyak yang tidak berhasil, sehingga ada yang beralih ke tanaman jagung.

Baca Juga :   Samakan Tembakau dengan Narkotika, APINDO Bojonegoro Tolak RUU Kesehatan

“Harganya bagus, untuk daun perkilonya Rp. 4.000 dan untuk rajangan mencapai Rp. 30.000,” ungkap pria usia 52 ini pada damarinfo.com Rabu, 7-September-2022

(Ibu-ibu menata tembakau hasil rajangan di tempatnya untuk di jemur. Foto : Rozikin)u

Masih menurut Salikun warga Desa Ngujung Temayang ini, untuk harga tembaku ada teorinya jika tembakau jenis jawa semakin ke atas semakin mahal namun jika jenis BHT dan CK semakin ke atas semakin murah.

Baca Juga :   Kebakaran Oven Tembakau di Sugihwaras Rugi Sekitar Rp 45 Juta

“Kalau tembakau jenis jawa itu harga daun dari  bawah ke atas semakin mahal,” tandasnya.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Bojonegoro Helmi Elisabet mengatakan, harga daun tembakau saat ini Rp. 3.300 sampai 3.500 yaitu untuk petikan daun ke 3 ke 4.

“Saat ini yang panen tembakau adalah di wilayah Kecamatan Kedungadem, Sugihwaras, Kepohbaru, Temayang, Baureno dan Sumberrejo” Kata Helmi Elisabet

Penulis : Rozikin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *