Jarak Rumah Warga Kabunan ini Tinggal Sejengkal dengan Sungai Pacal

oleh
oleh
(Rumah warga Desa Sobontoro, tepatnya di pinggir Sungai Pacal, Kecamatan Balen, terancam longsor. Foto : Rozikin)

Bojonegoro,damarinfo.com – Suntoro, warga RT 17/RW 04 Desa Sobontoro, Kecamatan Balen, khawatir Menyusul rumahnya hanya sekitar 2 meter dari bibir Sungai Pacal–Anak Sungai Bengawan Solo di Bojonegoro.

Kebetulan rumah Suntoro berada di pinggir timur jembatan Sungai Pacal yang berbatasan anatar Kecamatan Balen dengan Kecamatan Kapas. Rumah dengan panjang sekitar 12 meter, persis berada di bibir Sungai Pacal. Tapi sejak awal 2021 silam, tanahnya tergerus air dan membuat longsor.”longsor terus menerus hingga jarak dengan rumah kurang dari dua meter,” ujar Prapri, iatri Suntoro yang ditemui di rumahnya Jumat 3 Juni 2022.

Baca Juga :   Pembangunan Bendung Gerak Karangnongko, Satu Kampung di Blora Bedol Desa

Menurut Prapti, rumahnya sudah dikunjungi orang beberapa kali.ereka mengaku sebagai pegawai di Pemerintah Bojonegoro. Ada yang tanya, kemudian mengukur bangunan rah dengan tanah sungai yang longsor. Bahkan ada yamg memgambil foto beberapa kali. “Pokoknya sudah lebih satu kali,” tandasnya.

Tetapi hingga sekarang ini, belum ada tindakan untuk perbaikan pinggir Sungai Pacal yang longsor. Padahal tanah yang longsor tergerus air terus menerus terjadi. Ada pihak pegawai yang datang kemudian memasang terpal di pinggir sungai.”Katanya agar longsor tidak kian parah,” imbuhnya.

Baca Juga :   Korban Tenggelam di Bengawan Solo Belum Ditemukan

Kepala Desa Kabunan Mohammad Yahya membenarkan jika terjadi longsor di pinggir Sungai Pacal. Pihaknya mengakui, sudah ada jadwal pengajuan pembangunan. “Jadwalnya sudah ada,” ujarnya pada Jumat 3 Juni 2022.

Yahya menyebutkan, sesuai perencanaan akan dibangun oleh Dina Pekerjaan Umum Sumber Daya Air Bojonegoro. Yaitu pada tahun anggaran 2023. Sedangkan bentuknya, aka diplengseng di pinggir sungai.”Untuk panjangnya kira tak tahu,” imbuhnya.

Penulis : Rozikin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *