HIPPA Harapan Makmur Juara Satu Kabupaten Lamongan

oleh
pengurus HIPPA Harapan Makmur menerima penghargaan juara 1 lomba HIPpA kab dari Sekda Yuhronur Efendi.Foto/dok. Desa Gumantuk/Totok

Himpunan Petani Pemakai Air (HIPPA) Harapan Makmur Desa Gumantuk, Kecamatan Maduran, Kabupaten Lamongan menyabet juara satu lomba HIPPA tingkat Kabupaten Lamongan tahun 2020

Kepala Desa Gumantuk Sriyanto mengatakan prestasi tersebut berkat kekompakan dan kerja keras pengurus HIPPA yang konsen dan totalitas menangani pertanian desa.”Prestasinya dipertahankan,” ujarnya kepada damarinfo,Jumat 31-1-2020 Sebelumnya, HIPPA Harapan Makmur pernah meraih juara ke dua dalam lomba HIPPA tingkat Kabupaten di tahun 2018.

Atas prestasi itu HIPPA Harapan Makmur yang diketuai oleh Supi’i mendapatkan hadiah pompa, uang Rp 5 juta dan uang stimulan pembangunan. Dengan pengelolaan irigasi yang memadai dan pembinaan petani pertanian di Desa Gumantuk bisa panen hingga tiga kali yaitu padi-padi dan polowijo. Luas lahan pertanian di Desa Gumantuk mencapai 225 hektare.

Di antara kreteria penilaian lomba HIPPA, menurut Sriyanto adalah administrasi dan pengelolaan keuangan yang bagus. “ HIPPA Harapan Makmur sejak berdiri senantiasa menerapkan tertib administrasi dan keuangan sehingga bisa berkembang,” ujarnya.

Baca Juga :   Para Penjaga Ketenteraman Tapal Batas Lamongan

Pengelolaan keuangan sendiri bersumber dari iuran anggota dan hasil restribusi penyewaan komben dan traktor. HIPPA Harapan Makmur memiliki 5 traktor yang dimanfaatkan petani untuk pengelolaan lahan.

Baca Juga :   Satgas Taat Protokol Covid-19 Lamongan: Melanggar Dihukum Push Up

Saat ini HIPPA Harapan Makmur memiliki uang kas sekira Rp 60 juta. Dari penghasilan yang didapat selama ini dimanfaatkan untuk pembangunan infrastruktur pertanian seperti membangun dam dan pintu air dan kebutuhan lainnya.
Penulis : Totok Martono
Editor : Sujatmiko

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *