Hari TBC Sedunia, Relawan Yabhysa Kampanyekan Melek TBC

oleh
oleh
(Senam Kader TBC dan Masyarakat dalam rangka memperingati hari TBC Sedunia, 21-3-2023. Foto: Humas Yabhiysa)

Damarinfo.com – Menurut Global TB Report 2022 yang diterbitkan oleh World Health Organization, perkiraan angka kejadian (insidensi) TBC di Indonesia meningkat 15 persen di antara tahun 2020 ke tahun 2021. Artinya, setiap satu menit ada dua orang yang sakit TBC, dan, jika tidak diobati, seseorang dengan TBC dapat menginfeksi 10 hingga 15 orang di sekitarnya dalam satu tahun.

Namun, tidak semua orang yang terkena bakteri TBC akan jatuh sakit, beberapa kelompok masyarakat lebih rentan terhadap infeksi ini karena kondisi imunitasnya yang lebih rendah. Kelompok yang rentan TBC adalah anak-anak terutama yang berusia di bawah lima tahun, orang lanjut usia, serta kondisi penyakit tertentu seperti Diabetes, HIV/AIDS, dan gizi buruk. (WHO, 2022)

Dalam Rangka Peringatan Hari TBC Sedunia tahun 2023 di wilayah kerja SR Komunitas Penabulu-STPI Yabhysa Jawa Timur yakni untuk Daerah SSR YABHYSA Kabupaten Bojonegoro, pada tanggal 21 Maret 2023, didahului dengan Kegiatan Senam Bersama Kader dan Masyarakat Lingkungan sekitar lokasi dilakukan senam bersama tersebut, selang satu hari kegiatan dilakukan dengan Konsolidasi Kader untuk Pemberian TPT pada Kontak serumah dengan Pasien TBC, Kegiatan Pendeteksian dan Penemuan Kasus secara aktif dilakukan melalui kegiatan Investigasi Kontak, Community Outreach dan mendorong pemberian TPT bagi kontak serumah dengan pasien TBC oleh Kader secara serentak di seluruh Kecamatan Se-Kabupaten Bojonegoro.

Kegiatan berikutnya adalah Kampanye agar masyarakat lebih melek dan lebih mengetahui tentang TBC (Tuberkulosis), di antaranya pemasangan  Banner/Spanduk  tentang peringatan hari TB Se Dunia 2023 dimulai tanggal 24-30 Maret 2023, membagikan Brosur/Leaflet di jalan-jalan yang banyak dilalui oleh Masyarakat pada tanggal 24 Maret 2023 tepat pada peringatan Hari TB Se Dunia. Juga kampanye melalui radio yakni Talkshow  di dua Radio yaitu Prima FM, dan Madani FM, dengan Tema Tentang TPT, dengan menghadirkan Narasumber dari Dokter Spesialis Anak dan Kader TBC pada tanggal 24 Maret 2023 dan Pemberian Kado Ramadhan pada kader TBC pada tanggal 24 Maret 2023.

Tujuan dari seluruh rangkaian kegiatan ini adalah membuka mata dan wawasan masyarakat Bojonegoro tentang TBC di Bojonegoro, dan akhirnya bisa bersama-sama  bergerak membantu mengeliminasi di tahun 2030 seperti yang di canangkan oleh Presiden RI Joko Widodo.

Yayasan Bhanu Yasa Sejahtera (YABHYSA) adalah lembaga non-profit atau lembaga swadaya masyarakat yang didirikan pada tanggal 03 Agustus 2020 dengan akte pendirian No 01 oleh notaris an. Ajeng Tri Anindita, S.H dan disahkan oleh SK Kemenhukham RI Nomor AHU-0012972.AH.01.04.Tahun 2020 tanggal 06 Agustus 2020. Lembaga ini berkedudukan di Perum Deltasari Baru – Delta Marina No 22 – Waru Sidoarjo.

Dalam perjalanananya untuk menjangkau sampai dengan tingkat desa maka YABHYSA perlu mendirikan cabang-cabang di setiap Daerah/Kabupaten, karena kepentingan itulah maka di Bojonegoro didirikan cabang, yang berlokasi di Jl. Patimura Gg. Caraka I No. 6d Kelurahan Ledok Kulon, Kabupaten Bojonegooro

Penulis: Syafik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *