Hanya 432 SD di Bojonegoro yang Punya Perpustakaan, 63 persennya Rusak

oleh
oleh
(Ilustrasi)

Damarinfo.com – Kualitas pendidikan sebuah sekolahan dapat dilihat dari sarana dan prasarana yang tersedia, seperti tercantum dalam 8 Standar Pendidikan Nasional (SPN). Di antara sarana dan Prasarana yang termasuk dalam SPN adalah keberadaan Perpustakaan Sekolah.

Data dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Teknologi  dalam laman https://statistik.data.kemdikbud.go.id/ (diakses pada tanggal 6-April-2023) menyebutkan di Kabupaten Bojonegoro untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) negeri dan swasta, jumlah sekolah yang memiliki perpustakaan adalah 432 SD dari 724 SD atau 60 persen.

Baca Juga :   Yuk Berliterasi di Perpustakaan Keliling Bojonegoro

Dari jumlah tersebut terbanyak berada di Kecamatan Bojonegoro yakni 30 Perpustakaan SD, selanjutnya Kecamatan Dander dengan jumlah perpustakaan 28 unit dan yang ketiga adalah Kecamatan Kedungadem dengan jumlah 25 unit.

Sementara itu kondisi perpustakaan di tingkat SD di Bojonegoro ini, 161 unit dalam keadaan baik atau 37 persen, sementara 63 persennya dalam keadaan rusak. Dengan perincian Rusak Ringan 121 unit atau 28 persen, Rusak Sedang sebanyak 78 unit atau 18 persen, Rusak berat sebanyak 72 unit atau 17 persen.

Baca Juga :   Miris,  Hanya 3 persen SD di Bojonegoro yang  Punya Laboratorium IPA

Berikut Tabel Jumlah Perpustakaan menurut Kondisi di Kabupaten Bojonegoro;

(Tangkapan layar Tabel Kondisi Perpustakaan di Bojonegoro untuk tingkat SD. sumber : https://statistik.data.kemdikbud.go.id/)

Penulis : Syafik

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *