Hana dan Adjie Dua Bersaudara Juara Kempo Nasional dari Tuban

oleh
Aprilia Hana Pratiwi,21, tahun, atlet Kempo asal Tuban, pada salah satu kejuaraan.Foto/istimewa

Damarinfo-Tuban.Sekilas tidak ada yang mencolok pada diri Aprilia Hana Pratiwi,21, tahun. Sikapnya lembut dan anggun seperti gadis  remaja pada umumnya. Namun jika dalam laga pertandingan kempo, sikapnya akan berubah garang. Siapun lawan tandingnya akan di jatuhkan.

Gadis yang akrab di sapa Lia ini merupakan salah satu atlet kempo berprestasi dari Bumi wali.  Berbagai kejuaraan tingkat propinsi hingga nasional sudah banyak dikoleksi.

Menurut Lia Sejak usia lima tahun dirinya sudah akrab dengan olahraga kempo. Kebetulan ayahnya yang atlet kempo Tuban memiliki perguruan kempo bernama Dojo Ronggolawe Tuban. Seringnya melihat latihan kempo, Lia pun tartarik untuk belajar kempo. “Yang ngajar memang Papa. Namun demikian cara mengajarnya tidak dibedakan dengan murid yang lain. Justru lebih keras dan disiplin,” ucap Lia sambil tersenyum.

Latihan keras dan kedisiplinan berlatih tidak hanya menempa mental Lia semakin kuat namun juga menjadikan tangguh. Buahnya, dalam setiap kejuaraan pertandingan tempo gadis kelahiran 10 April 2000 ini banyak menyabet juara. Berbagai prestasi yang diraih yaitu Juara II Embu Berpasangan Putri Pemula tingkat KYU-III dalam kejuaraan Kempo Antar Dojo se-Jatim Piala Wali Kota Surabaya plus Piala Rektor UNESA CUP I tahun 2009, juara I Embu Berpasangan Putri Pemula Tingkat KYU – III dalam Kejuaraan Kempo Dojo Se-Jatim, tahun 2009, selain itu juga meraih juara I Embu berpasangan Pemua A tingkat KYU II dan Juara III Embu Berpasangan Putri Pemula Tingkat KYU-II  kedua prestasi tersebut diraih dalam Kejuaraan Kempo Antar kota se-Jatim HUT PT Semen Gresik ke-53 tahun 2010,

Prestasi lainnya yaitu juara III Embu berpasangan Putri Pemula tingkat KYU-II dalam Pekan Olahraga Propinsi Jatim ke III tahun 2011. Juara II Embu Pasangan Pemula Putri KYU II dan Juara III Embu pasangan pemula campuran kyu II dalam kejuaraan nasional kempo wilayah IV tahun 2012. Juara II Embu pasangan pemula putri tingkat KYU II dalam kejuaraan Kempo antar Dojo sejatim piala semen Gresik tahun 2012, juara III Pasangan Putri Pemula kyu II dalam Kejurprov Shorinji Kempo Jawa Timur tahun 2012. Juara II Embu Pasangan Putri Pemula tingkat KYU II dan Juara III Embu berebu campuran Putra-Putri Pemula dalam kejuaraan Kempo antar Pelajar Se Jatim tahun 2013.

Baca Juga :   Atlet Panahan Bojonegoro Raih Medali Emas pada PON XX Papua

Lia yang merupakan putri nomer dari Hari Winarko dan Nur Cholifah ini juga menyabet Juara III Embu berpasangan Remaja Putri tingkat KYU I dalam Kejuaraan Nasionakl Khusus Wanita Piala Cristina II tahun 2015. Juara II Embu Pasangan Putri Remaja B Kyu I dalam Kejurnas Kempo Khusus wanita Piala Kristina 2016,  Juara I Randori Putri SMA kelas 55 kg dan juara II Embu berpasangan Camp Kyu I tingkat SMA  dalam kejuaraan Shorinji Kempo antar pelajar tahun 2016,  Juara I Randori Remaja Putri Kelas 55 kg dan Juara III Embu berpasangan remaja campuran dalam kejuaraan Shorinji Kempo Propinsi Jatim tahun 2016.

Aprilia Hana Pratiwi,21, tahun dan adiknya Bushido Ajie Saputra serta Ayahnya, yaitu Hari Winarko, keluarga atlet Kempo Tuban. Foto/ist

Kejuaraan lain yang dikoleksi yaitu juara I Randori perorangan Putri remaja kelas 54 kg, dan juara III Embu berpasangan Putri Remaja Kyu Kenshi dalam kejurprov Shorinji Kempo Jatim tahun 2017.Juara II Randori pereorangan Putri remaja kelas 57 kg dalam kejuaraan Shorinji Kempo Pasar Open III 2018, dan  Randori Putri kelas 55 kg dalam Porprov Jatim VI tahun 2019.

Baca Juga :   Dua Atlet Panjang Tebing Blora Raih Medali Emas PON XX Papua

Adiknya semata wayang bernama Bushido Ajie Saputra yang saat ini masih kelas V SD mengikuti jejak prestasinya. Berbagai kejuaraan yang diraih Ajie yaitu Juara I Embu berpasangan Campuran Pemula Kyu Kenshi dalam kejuaraan Shorinji Kempo wali kota Cup open 2016,  Juara III Embu berpasangan pemula campuran dan Juara III Embu Beregu pemula campuran dalam kejuaraan Shorinji Kempo Pemprov jatim 2016.  Juara I Embu Berpasanfgan Campuran Pemula Kyu II dan Juara II Embu Berpasangan Putra Pemula Kyu II dalam kejurprov Shorinji Kempo Jatim tahun 2017. Ajie yang hobi mengendarai mobil adventure itu  juga menyabet Juara I Embu berpasangan Putra SD KYU II dan Juara I Embu beregu Campuran SD dalam Kejuaraan Shorinji Kempo Shorinji Kempo Antar Pelajar tahun 2018

Prestasi membanggakan lainnya dari Ajie yaitu Juara I Embu Solo tingkat pemula Kyu II dalam kejuaraan Kempo Pemprov Jatim secara virtual tahun 2020 dan Juara I Embu Solo Pemula Kyu II dalam Kejurnas Kempo tahun 2021.

Saat ini Lia sedang menempuh pendidikan di dua universitas sekaligus. Yaitu Unversitas Surabaya jurusan hukum dan Universitas Tujuh Belas Agustus jurusan Teknik sipil. Saat harus kuliah secara online di rumah karena masa pandemi dirinya turut menjadi pelatih di Dojo Ronggolawe Tuban.

Hari Winarko selaku orang tua sekaligus pelatih mengaku bangga dengan pencapaian prestasi kedua anaknya tersebut. “Prestasi yang dicapai tidak lepas dari latihan dan disiplin yang tinggi. Kerja keras akan membuahkan hasil,” cetus Hari yang juga kades Prunggahan Wetan, Kecamatan Semanding, Tuban itu.

Penulis  :Totok Martono/Babat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *