Gubernur Jawa Timur Evaluasi Bantuan Keuangan untuk Kabupaten Lamongan

oleh
oleh
(Anggota Banggar DPRD Bojonegoro Lasuri saat Rapat Kerja dengan TAPD Kabupaten Bojonegoro, Rabu 11-1-2022, Gedung DPRD Bojonegoro)

Bojonegoro,damarinfo.com – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memberikan perhatian terhadap Bantuan Keuangan Khusus untuk Kabupaten Lamongan yang dianggarkan di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Kabupaten Bojonegoro tahun 2023.

Anggota Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bojonegoro Lasuri menyampaikan bahwa dalam evaluasi Gubernur Jawa Timur atas APBD Perbubahan tahun 2023, Gubernur menyampaikan bahwa Bantuan Keuangan Khusus tersebut harus digunakan sesuai peruntukannya yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah Daerah selaku pemberi bantuan keuangan

“apabila tidak digunakan sesuai peruntukannya maka Pemerintah Kabupaten Lamongan wajib mengembalikan bantuan keuangan tersebut kepada pemerintah daerah pemberi” Kata Lasuri.

Lanjut Lasuri, Gubernur Jawa Timur juga memberikan evaluasi terhadap dana cadangan pada pos pembiayaan.  Pada Rancangan Peraturan Daerah tentang Perubahan APBD Tahun Anggaran 2023 Kabupaten Bojonegoro.  Pembentukan Dana Cadangan sebesar Rp600.000.000.000,00, mengalami kenaikan sebesar Rp100.000.000.000,00 atau 20% dari penganggaran sebelumnya sebesar Rp500.000.000.000,00.

Baca Juga :   Bojonegoro Bantu (Lagi) Kabupaten Lain. Sukur Priyanto : Takutnya Nanti Rakyat Bojonegoro Marah

“Pembentukan dana cadangan itu  harus  ditetapkan dalam Peraturan Daerah tentang pembentukan dana cadangan dan harus ditetapkan sebelum persetujuan bersama antara kepala daerah dan DPRD atas rancangan Peraturan Daerah tentang APBD” ujar  Lasuri

Baca Juga :   Honor Guru Madrasah Swasta di Bojonegoro Rendah, Pemkab Beri Hibah ke Kabupaten Lain

Seperti diberitakan sebelumnya pemberian bantuan keuangan ke Kabupaten Lamongan sudah masuk dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (ABPD) Perubahan Kabupaten Bojonegoro tahun 2023, sebesar Rp. 29,8 milar tepatnya Rp. 29.827.500.000.

Bupati Adriyanto menyampaikan bahwa Bantuan Keuangan ke Lamongan itu bakal digunakan untuk pembangunan jalan dan jembatan. Bupati Adriyanto juga sudah melihat langsung lokasi yang bakal digunakan untuk pembangunan tersebut”

“Sedang saya pertimbangkan” Kata Bupati Adriyanto, Kamis 26-10-2023 di Pendopo Malowopati usai acara Press Conference dan Press Release ALCo Regional Jawa Timur Periode s.d. September 2023.

Penulis : Syafik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *