Dua Petahana Anggota DPR RI dari Dapil Jatim IX Berpotensi Tak Dapat ke Senayan

oleh
oleh
(Photo komplek Gedung MPR RI/DPD RI/DPR RI, Senayan Jakarta.Sumber : mpr.go.id)

Bojonegoro, damarinfo.com – Pertarungan perebutan kursi Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dari Daerah Pemilhan (Dapil) Jawa Timur IX (Bojonegoro-Tuban) cukup seru. Pasalanya dua incumbent (Petahan) berpotensi tidak lagi dapat melenggang ke Gedung DPR RI di Senayan Jakarta.

Perhitungan ini didapat dari pengumuman dari laman resmi Komisi Pemilhan Umum (KPU) Republik Indonesia di laman  pemilu2024.kpu.go.id (per Sabtu, 17-2-2024, pukul 15.00 WIB). Progres data untuk Pilihan Legislatif DPR sudah mencapai 70,63 persen, dari total 7.968 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di Bojonegoro dan Tuban, data yang masuk sudah 5628 TPS. Jumlah keseluruhan suara sah yang masuk sementara adalah sebanyak 753.502 suara.

(Tangkapan Layar laman pemilu2024.kpu.go.id.Sabtu, 17-2-2024, pukul 15.00WIB)

Dari laman tersebut Partai Golkar mendapatkan jumlah suara tertinggi yakni 196.482 suara atau 26,05 persen, disusul oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan jumlah suara sementara 180.519 suara atau 23,93 persen . Pada urutan ketiga adalah Partai Gerindra dengan perolehan suara sebanyak 72.539 suara atau 9,62 persen, di posisi ke empat adalah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P) dengan jumlah suara yang diraih sebanyak 70.441 suara atau 9,34 persen.

Dengan menggunakan sistem perhitungan  Sainte Lague (Dibagi dengan angka ganjil 1,3,5…) maka Partai Golkar berpotensi mendapatkan 2 kursi, PKB mendapatkan 2 kursi, Gerindra 1 kursi dan PDI P 1 kursi, jumlahnya adalah 6 kursi. Jumlah ini telah mencukupi alokasi kursi DPR RI Dapil Jawa Timur IX yakni 6 kursi.

Baca Juga :   Pastikan Kesiapan Logistik Pemilu, Forkompimda Bojonegoro Lakukan Pengecekan ke KPU

Dari laman real count KPU diketahui bahwa Calon Anggota (Caleg)  DPR RI dari Partai Golkar dengan perolehan tertinggi adalah Haeny Relawati, disusul Eko Wahyudi. Sementara itu dari PKB Caleg dengan perolehan tertinggi adalah Anna Mu’awanah, disusul Ratna Juwita. Sementara dari Partai Gerindra anggota DPR RI petahan masih menduduki peringkat pertama perolehan suara sementara. Dan terakhir dari PDI P, Abidin Fikri yang saat ini masih menjadi Anggota DPR RI memperoleh suara tertinggi.

Baca Juga :   Beda Perolehan Suara Pilpres dan Parpol Pendukungnya di Bojonegoro

Dua petahan yang berpotensi tidak dapat kembali ke Senayan adalah Farida Hidayati yang menduduki urutan ketiga perolehan suara caleg DPR RI dari PKB dan Didik Mukrianto karena Partainya tidak memenuhi jumlah suara yang dibutuhkan untuk mendapatkan kursi.

Disclaimer : Data ini diambil dari laman resmi KPU pemilu2024.kpu.go.id  dan bersifat sementara dan bukan hasil resmi dari Penghitungan Suara dari KPU RI. 

Penulis : Syafik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *