Detergen Cair, Peluang Bisnis untuk Emak- emak

oleh
oleh
(KKN Mahasiswa STIT Muhammadiyah Bojonegoro, Desa Sumberarum Kecamatan Dander Bojonegoro. Foto : Rozi)

Bojonegoro,damarinfo.com – Banyak peluang usaha atau bisnis untuk emak – emak yang dapat menambah pendapatan untuk keluarga, salah satunya adalah Bisnis Detergen Cair. Pasalnya detergen merupakan salah satu bahan pembersih yang banyak digunakan oleh masyarakat, baik oleh rumah tangga, industri, rumah makan, dan lain-lain.

Kebutuhan dan konsumsi masyarakat terhadap detergen sangatlah besar. Hal ini tentu saja menjadi peluang industri yang menjanjikan. Peluang ini, jika dikelola dan dikembangan dengan baik, akan memberikan dampak terhadap pertumbuhan perekonomian masyarakat desa.

Detergent dapat diproduksi sendiri oleh emak – emak sambil menjalankan tugasnya sebagai ibu rumah tangga. Oleh sebab itu, pemberdayaan masyarakat, khususnya bagi emak-emak  kader PKK dengan memberikan pengetahuan dan keterampilan tentang pembuatan detergen cair adalah salah satu langkah strategis dan kreatif untuk menangkap peluang industri/ekonomi tersebut.

Berpijak dari gagasan itulah, kegiatan pengabdian masyarakat dalam bentuk Kuliah Kerja Nyata (KKN) oleh mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Muhammadiyah Bojonegoro di Desa Sumberarum Kecamatan Dander mengadakan pelatihan pembuatan detergen cair dengan tema “Pembuatan Detergen untuk Masyarakat Berdaya dan Mampu Berkarya.”

Baca Juga :   Minyak Goreng Langka, UMKM Menderita

Pelatihan yang diadakan di Balai Desa Sumberarum pada hari Rabu tanggal 28 Desember 2022 ini diikuti oleh 25 ibu-ibu kader PKK Desa Sumberarum. Selama tiga jam, peserta mendapatkan pengetahuan sekaligus praktik langsung pembuatan detergen cair dari Siti Muntamah, Mahasiswa KKN yang menjadi pendamping.

“Kegiatan pelatihan pembuatan detergen cair berlangsung dengan penuh antusias. Ibu-ibu praktik langsung proses pembuatan detergen seperti mengaduk, menuangkan bahan, dan mengemas. Antusiasme peserta dengan kegiatan ini sangat baik ditunjukkan dengan adanya tanya jawab,” ujar Siti Muntamah.

Kepala Desa Sumberarum Sugeng menyampaikan terima kasih atas inisiatif yang digagas oleh mahasiswa KKN STIT Muhammadiyah Bojonegoro.

“Pemerintah Desa Sumberarum akan mengembangkan pembuatan detergen cair ini agar bisa dikelola ibu-ibu PKK dengan lebih baik. Kami melihat ini sebagai salah satu pengembangan industri UMKM dengan peluang ekonomi yang menjanjikan keuntungan,” Kata Sugeng.

Baca Juga :   Bupati Anna Bangga atas Langkah ISNU Jadikan Bojonegoro Pusat Halal Indonesia

Miftakhur Rizki selaku Dosen Pembimbing Lapangan mengaku senang dan antusias dengan program kegiatan yang digagas dan dijalankan oleh mahasiswa KKN ini. Kegiatan ini menurut pak Singa tepat sasaran dan berdampak luas dengan menggandeng ibu-ibu PKK.

“Kami telah mencoba detergen ini, hasilnya bersih dan wangi. Jika ibu-ibu bisa membuat detergen cair, dapat digunakan untuk keperluan sehari-hari, sehingga biaya pengeluaran rumah tangga akan berkurang,” kata Rizki panggilannya

Miftakhur Rizki  juga mengapresiasi sambutan dan dukungan Pemerintah Desa Sumberarum. Hal ini terbukti dengan permintaan Pemerintah Desa Sumberarum agar kegiatan oleh mahasiswa KKN ini diadakan lagi, tidak hanya sekali saja. Hal ini menunjukkan sinergi dan kolaborasi mahasiswa KKN, pemerintah desa, dan masyarakat berjalan baik.

Penulis : Rozikin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *