Check Dam Kali Ingas Terealisasi Tahun 2022

oleh
oleh
(Bupati Bojonegoro Anna Muawanah bersama Forpimda kunjungi hilir Kali Ingas di Lebaksari Kecamatan Baureno, MInggu 20-12-2020. Foto : Humas Pemkab Bojonegoro)

Bojonegoro – Kepala Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (PU SDA) Tedjo Sukmono menyampaikan pihaknya segera melaksanakan perintah Bupati Bojonegoro Anna Muawanah, untuk membangun Check Dam. Dimulai pada tahun 2021 dengan melakukan perencanaan dan pemetaan secara matang.

“mungkin tahun 2022 pembangunan fisik pintu pengendali banjir (Check Dam) Kali Ingas baru bisa direalisasikan” Kata Tedjo Sukmono saat mendampingi Bupati Bojonegoro Anna Muawanah mengunjungi hilir Kali Ingas di Desa Lebaksari Kec. Baureno Minggu,20-12-2020.

Tedjo-panggilanya- menambahkan Check Dam Kali Ingas rencananya dibangun tidak jauh dari bibir Kali menuju Sungai Bengawan Solo. Ketika air sungai Bengawan Solo naik, nantinya pintu ditutup dan membuang air dari Kali Ingas menggunakan pompa air dengan kekuatan yang memadai.

Bupati Anna yang didampini Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), kembali memberikan penegasan perintah kepada Kepala Dinas PU SDA Tedjo Sukmono untuk melakukan assesment, perencanaan untuk menanggulangi luapan Kali Ingas yang meluap setiap kali meluber ketika intensitas hujan tinggi di musim-musim penghujan seperti saat ini.

Baca Juga :   Gowes, Hidup Sehat Ala Bupati Anna

“segera dilakukan assesment dan perencanaan” Tegas Bupati Anna yang juga didampingi Forpimcam Kecamatan Baureno dan Kepala Desa Kalisari, Lebaksari dan Kedungrejo

Baca Juga :   Tiga Tahun Pemkab Realisasikan Kredit Rp. 43,7 miliar untuk Pedagang.

Wilayah Lebaksari, Kalisari, Kadungrejo Kec. Baureno tersebut merupakan daerah bantaran Sungai Bengawan Solo, ketika elevasi air bengawan solo naik pada ketinggian tertentu sungai-sungai kecil seperti Kali Ingas airnya tidak bisa terbuang seluruhnya ke Sungai Bengawan Solo. Hal ini mengakibatkan luapan yang dapat mengancam lahan pertanian, pemukiman, serta infrastruktur lainnya di wilayah sekitar. Salah satu upaya untuk menekan kerugian akibat banjir adalh dengan penguatan jalan untuk memperlancar akses transportasi dan aktifitas warga.

Penulis : Syafik

Sumber : Humas Pemkab Bojonegoro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *