Calo Simulasi CAT CPNS di Blora Bergentayangan

oleh
Calon peserta ujian SKD CPNS mengikuti simulasi CAT di aula kantor Pemkab Blora, Minggu (12/1).Foto/Ais

Blora- Simulasi computer assisted test (CAT) calon pegawai negeri sipil (CPNS)  dimanfaatkan calo untuk mengambil keuntungan digelar aula Pemerintah Kabupaten Bojonegoro Sabtu-Minggu 11/12-1-2020. Para calo berupaya mengarahkan calon peserta untuk mendapatkan nomor antrean yang disediakan panitia.

 

Pasalnya kuota yang disediakan sangat terbatas dan jumlah calon peserta membeludak. “Saya lihat ada pria memakai baju putih. Saya tidak kenal dia. Dia mengarahkan calon peserta duduk di kursi antrean. Langsung saja saya minta bubar. Mungkin dia calo,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Blora Heru Eko Wiyono.

 

Simulasi CAT CPNS gratis bagi peserta yang akan mengikuti ujian seleksi kemampuan dasar (SKD) CPNS. Namun karena kuota terbatas, calon peserta simulasi berebut mendapatkan nomor antrean. “Kami terapkan sistem on the spot. Pendaftaran simulasi CAT dibuka 30 menit sebelum pelaksanaan CAT,” kata Heru Eko Wiyono.

 

Di hari pertama simulasi CAT, Sabtu 11-1-2020, pendaftaran dibuka pukul 07.30 Wib. Sedangkan pada hari kedua, Minggu 12-1-2020, pendaftaran dimulai pukul 05.30 Wib.

Baca Juga :   Proyek Peningkatan Jaringan Irigasi Bernilai Miliaran Rupiah Siap Dikerjakan

Simulasi CAT baru kali pertama digelar Pemkab Blora.  Peserta yang dinyatakan lolos seleksi administrasi pengadaan CPNS diberi kesempatan mengikuti simulasi CAT. Simulasi digelar sebagai bekal bagi mereka sebelum menjalani ujian SKD yang akan digelar 11-15 Februari 2020 di Auditorium Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta.

“Simulasi ini baru kali pertama kami gelar bekerjasama dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) Kanreg Yogyakarta,” tutur Heru Eko Wiyono.

 

Tak hanya CPNS dari Blora. Simulasi yang dibuka Sekretaris Daerah (Sekda) Blora Komang Gede Irawadi itu diikuti warga dari luar daerah yang menyiapkan ikuti ujian SKD CPNS. “Saya dari Rembang. Ikut simulasi CAT CPNS di Blora setelah tahu ada pengumuman di website BKD Blora,” tandas Nur, salah seorang peserta simulasi.

 

Meski hanya simulasi, namun tatacara pengerjaan soal termasuk teknis lainnya mirip dengan ujian SKD. ‘’Tapi itu hanya latihan soal, bukan soal sesungguhnya. Jumlah soal dan alokasi waktu dalam simulasi lebih sedikit dibanding SKD. Meski demikian ini bisa menjadi bekal berharga bagi mereka yang hendak mengikuti ujian SKD CPNS,’’ kata Heru Eko Wiyono yang juga sekretaris BKD Blora.

Baca Juga :   Pasien Covid-19 Sembuh di Jawa Timur 17 Orang

 

Dia mengungkapkan, satu sesi simulai berisi 42 orang peserta. Dalam satu hari simulasi terdiri dari 12 sesi. Menurut Heru kuota yang disediakan dalam simulasi tidak lebih dari 1000 orang peserta. Padahal jumlah pendaftar CPNS Pemkab Blora yang dinyatakan lolos seleksi administrasi dan berhak mengikuti ujian SKD sebanyak 10.212 orang. ‘’Memang kuotanya tidak sebanding dengan jumlah peserta SKD CPNS. Makanya banyak yang tidak bisa ikut simulasi karena kuotanya terbatas,’’ tandasnya.

 

Menjelang digelarnya ujian SKD CPNS bulan depan, Heru Eko Wiyono mengimbau ke para calon peserta untuk menyiapkan diri dengan baik. Dia mengingatkan kepada mereka untuk selalu memantau informasi terkini yang diumumkan BKD Blora melalui website. ‘’Perkembangan terbaru ujian CPNS akan kami informasikan di website kami. Oleh karena itu pantau terus website tersebut,’’ kata pria ramah itu.

Penulis   : Ais

Editor     : Sujatmiko

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *