Bupati Bojonegoro: Pencak Silat Menguatkan Karakter Bangsa

oleh
(Bupati Bojonegoro Anna Muawanah Memberikan Sambutan dalal Pembukaan Kejuaran Pencak Silat Piala Rektor Unigoro, Suyitno Hall, Jalan Lettu Suyitno Bojonegoro, Senin 24-2-2020. Foto : Kholik)

Bojonegoro- Bupati Bojonegoro Anna Mua’wanah mengatakan, pencak silat merupakan salah satu entitas di bidang olahraga yang menguatkan karakter bangsa. Untuk itu dirinya meminta seluruh pihak bersama-sama memajukan prestasi pencak silat.

“Bersilat untuk berpancasila,” ujarnya saat membuka pelaksanaan Kejuaraan Pencak Silat, Piala Rektor Unigoro 2020, di The Suyitno Hall, Universitas Bojonegoro, Senin 24-2-2020 malam.

Bupati Anna mengatakan, tema Bersilat untuk Pancasila, harus dijunjung. Karena dengan ini harapan  untuk mengokohkan salah satu entitas di bidang olahraga.

“Yaitu untuk menguatkan karakter bangsa,” imbuhnya mengulang.

Bupati menyebut, pemerintah secara penuh mendukung kemajuan pencak silat dan menaruh harapan agar prestasi olahraga ini, khususnya di Bojonegoro. Nantinya dapat semakin meningkat, baik di level regional, nasional maupun internasional.

Baca Juga :   DPRD Apresiasi Capaian IDM Bojonegoro Tahun 2021

Menurut Bupati Anna, dirinya secara khusus mengapresiasi terselenggaranya kegiatan ini. Ini karena menjadi salah satu langkah pembentukan bibit muda atlet pencak silat yang sejalan dengan deklarasi Bojonegoro. Yaitu Kampung Pesilat yang dilakukan oleh pemerintah daerah.

Bupati Anna menambahkan, Kejuaraan Piala Rektor Unigoro ini juga dapat menjadi forum silaturahmi antar perguruan pencak silat dan menjadi bagian pengkaderan atlet untuk meraih prestasi.

“Kami mengapresiasi apa yang menjadi inisiasi menyelenggarakan Piala Rektor. Kami menaruh harapan kegiatan ini mampu menjunjung tinggi sportivitas. Selamat bertanding!,” pungkasnya.

Rektor Universitas Bojonegoro, Tri Astuti Handayani, menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan dari semua pihak atas penyelenggaraan Piala Rektor Unigoro 2020.Kejuaraan ini diharapkan akan mampu menumbuhkan karakter pemimpin dalam diri para atlet serta memiliki dampak positif bagi masyarakat.

Baca Juga :   Tahun 2020, SPPT PBB-P2 Bojonegoro Naik 42,80 Persen

Pembukaan Piala Rektor 2020, juga dihadiri dari Polres Bojonegoro, Kodim 0813 Bojonegoro, KONI Bojonegoro dan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Bojonegoro. Pejabat struktural dari Yayasan Suyitno Bojonegoro dan Universitas Bojonegoro Kejuaraan ini diikuti 518 peserta dari unsur pelajar dan dewasa Jawa Timur. Dalam acara pembukaan ini  juga ditampilkan drama kolosal Rahmayana dari UKM Kesenian dan Pencaksilat Universitas Bojonegoro.

Kejuaraan Pencak silat ini diikuti 518 peserta tingkat pelajar dan dewasa. Para peserta tidak hanya dari Kabupaten Bojonegoro tetapi juga dari Kabupaten Tuban, Lamongan, Gresik, Kota Surabaya, dan Madiun.  Kejuaraan ini akan berlangsung hingga 29 Februai 2020.

Penulis   : Syafik

Editor     : Sujatmiko

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *