Bupati Blora Ingatkan Satpol PP Jalankan Tugas dengan Humanis

oleh
APEL PEMBINAAN : Bupati Blora H Arief Rohman menyampaikan arahan pada apel pembinaan anggota Satpol PP di halaman kantor Pemkab Blora, Selasa 7-September-2021.Foto/Ais

Blora,damarinfo.com- Janji Bupati Blora Haji Arief Rohman untuk menggelar apel pembinaan anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) ditepati. Apel pembinaan itu digelar di halaman kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora, Selasa (7/9/2021) pagi. Selain bupati, pembinaan juga dilakukan oleh Komandan Kodim (Dandim) 0721/Blora Letkol Inf. Andy Soelistyo.

Apel pembinaan tersebut sebagai tindaklanjut dari viralnya video penendangan yang dilakukan salah seorang oknum anggota Satpol PP Cepu kepada seorang remaja di Cepu pada 20 Agustus 2021. Ketika itu, Satpol PP Cepu melakukan penertiban terhadap sekelompok remaja yang tengah mabuk-mabukan di salah satu kos-kosan di Cepu. Oknum Satpol PP berinisial IH yang melakukan penendangan itupun kini telah diberhentikan. Dia merupakan pegawai kontrak.

Tak ingin kejadian serupa terulang lagi, Bupati Blora Arief Rohman menggelar apel bersama dengan seluruh jajaran Satpol PP Kabupaten Blora untuk memberikan pembinaan, Selasa 7-September-2021. Peserta apel adalah seluruh anggota Satpol PP baik dari markas kabupaten maupun seluruh kecamatan termasuk petugas pemadam kebakaran yang berada di bawah koordinasi Satpol PP.

Dalam apel tersebut, bupati mengapresiasi kerja keras tanpa lelah seluruh jajaran Satpol PP yang terus bergantian melakukan patroli penegakan peraturan daerah. Namun,  karena ada satu kejadian penendangan oleh oknum anggota yang berujung viral, maka bupati pun menyampaikan beberapa arahan.

Baca Juga :   Hari Pertama Jabat, Bupati Arief Tinjau Laboratorium Kesehatan

‘’Kami minta maaf atas kejadian yang viral. Maka dalam kesempatan apel ini kami tekankan enam hal. Yang pertama kami minta seluruh anggota Satpol PP perlu mengingat bahwa saat ini adalah zamannya media sosial. Apapun yang dilakukan bisa menjadi viral dan berakibat fatal, sehingga hati-hatilah dalam bertindak,’’ kata bupati di depan peserta apel.

Bupati juga menekankan agar Satpol PP melakukan evaluasi, perbaikan kekurangan dan meningkatkan apa yang sudah baik. ‘’Junjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dalam melaksanakan tugas sehari-hari. Utamakan pendekatan persuasif sehingga kondusifitas masyarakat tetap terjaga. Anggota Satpol PP Blora yang bertugas tidak boleh melakukan tindakan kekerasan dengan dalih untuk kepentingan ketertiban umum atau dengan alasan apapun,” tegasnya.

Baca Juga :   Gubernur Aceh Rekomendasikan Kopi Santen Blora

Bupati juga mengingatkan agar setiap personel Satpol PP dalam melaksanakan tugas  harus menjalankan prinsip tegas namun humanis. Salam sapa dan senyum diperlukan untuk menunjukkan Satpol PP adalah pibadi yang ramah dan tulus. ‘’Hormati dan lindungi hak-hak azasi masyarakat Kabupaten Blora,’’ kata bupati.

Sementara itu, Dandim 0721/Blora Letkol Inf Andy Soelistyo dalam arahannya meminta agar seluruh anggota Satpol PP terus bersemangat menjalankan tugas terbaiknnya untuk Kabupaten Blora. ‘’Jangan sampai lakukan kekerasan, niatkan setiap hari berangkat tugas untuk beribadah,’’ tandasnya.

Pihaknya mengharapkan para anggota Satpol PP untuk lebih meningkatkan upaya persuasif dan berdoa agar selama menjalankan tugas di lapangan diberikan kelancaran. “Sekali, dua kali diingatkan tidak patuh, ya didatangi lagi sambil didoakan semoga segera mendapatkan hidayah. Jangan sampai mengambil barang dagangan, apalagi sampai menendang. Kami yakin Satpol PP yang berdiri mengikuti apel pagi ini semuanya baik,” tegas Dandim Blora.

Penulis  : Ais

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *