Bulan Dana PMI untuk Edukasi Pencegahan Covid-19

oleh
(Bupati Blora Djoko Nugroho mengukuhkan Komandan Kodim 0721 Letkol Inf Ali Mahmudi sebagai ketua pelaksana bulan dana PMI 2020 di pendopo rumah dinas bupati Blora, Kamis 17-9-2020. Foto: Ais)

Blora- Bupati Blora Djoko Nugroho menyampaikan bahwa tantangan saat ini adalah melawan pandemi Covid-19. Salah satu upaya untuk menghadapinya adalah dengan melakukan edukasi pencegahan Covid-19, sebagai investasi masa depan. Pasalnya hingga saat ini belum diketahui secara pasti kapan pandemi ini akan berakhir.

“tolong PMI bisa fokus pada hal itu” Tegas Djoko Nugroho dalam acara pengukuhan Komandan Kodim (Dandim) 0721 Blora Letnal Kolonel (Letkol)  Infanteri Ali Mahmudi sebagai  Ketua Program Pneggalangan Dana Palang Merah Indonesia (PMI) di Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora, Kamis 7-9-2020.

Tantangan lainya adalah kekeringan di Kabupaten Blora yang mulai dirasakan Bulan September 2020 hingga beberapa bulan kedepan. Untuk itu pihaknya meminta agar berapapun hasil penggalangan bulan dana PMI nanti bisa digunakan untuk penanganan Covid-19 ataupun bantuan air bersih.

‘’ tolong anggaran yang sudah ada direfokusing untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pencegahan penularan Covid-19,’’ tandas Djoko Nugroho.

Baca Juga :   Perayaan Natal Bersama, Bupati Berharap Blora Dijauhkan dari Bencana

Bupati Djokon Nugroho berterima kasih kepada (Letkol)  Infanteri Ali Mahmudi yang telah bekenan untuk memimpin tugas mulia ini.

Ketua PMI Kabupaten Blora Sutikno Slamet mengemukakan, pihaknya siap menindaklanjuti arahan bupati. Dia mengatakan, PMI telah melaksanakan sejumlah kegiatan dalam upaya pencegahan dan penanggulangan pandemi Covid-19. Di antaranya penyemprotan disinfektan di ruang publik, perkantoran, fasilitas umum. Selain itu, penyemprotan disinfektan di lingkungan rumah pasien Covid-19, pembagian masker untuk masyarakat, serta sosialisasi bahaya Covid-19 berikut edukasi pencegahannya.

‘’Sedangkan untuk bantuan air bersih rata-rata tiap tahun kami salurkan sebanyak 250 hingga 300 truk tanki. Adapun kegiatan donor darah tetap dibuka selama pandemi Covid-19 sesuai protokol kesehatan,’’ tutur Sutikno Slamet yang juga mantan sekretaris daerah (sekda) Blora.

Sebelumnya, Bupati Djoko Nugroho juga melepas keberangkatan dua unit truk tanki air bersih PMI Blora yang akan menyalurkan bantuan ke Dukuh Ngetrep Desa Tutup, dan Dukuh Growong Desa Sukorejo (Kecamatan Tunjungan) yang sudah mengalami kekeringan.

Baca Juga :   Blora Jajaki Kerjasama dengan Pemprov Jakarta untuk Pasok Daging Sapi   

Dandim 0721/Blora Letkol Inf. Ali Mahmudi dalam sambutannya menyatakan kesiapannya menjadi ketua penggalangan bulan dana PMI  2020.

“Amanah yang dipercayakan ini akan kami laksanakan dengan sebaik-baiknya. Semoga penggalangan bulan dana PMI kedepan bisa lebih baik lagi meskipun kita semua masih dalam suasana pandemi Covid-19. Justru kondisi ini harus bisa memompa semangat kita untuk menolong sesama,’’ tegasnya.

Dalam penggalangan bulan dana kali ini, sementara kupon PMI akan dibagikan kepada seluruh masyarakat dengan menggandeng Camat, Lurah, Kades serta para ASN, TNI, Polri. Sedangkan untuk pelajar belum bisa dilaksanakan karena sebagian besar masih belajar daring. Namun tidak menutup kemungkinan akan dikerjasamakan dengan Dinas Pendidikan. Dalam rangka HUT TNI ke-75 bulan depan Kodim 0721/Blora juga akan melaksanakan kegiatan sosial berupa donor darah bersama seluruh anggota guna mencukupi kebutuhan darah di UTD PMI Blora.

Penulis : Ais

Editor : Syafik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *