Bojonegoro Sudah Siapkan Pelantikan Kades Tahap II-IV

oleh
Bupati Bojonegoro Anna Muawanah melantik dua kades yang mewakili jtotal 24 kepala desa terpilih di gedung Pusat Informasi Publik (PIP) pada Rabu 1-4-2020.Foto/dok.Humas Bojonegoro

Bojonegoro- Pemerintah Kabupaten Bojonegoro mengumumkan pelantikan tahap II yang dijadwalkan dilakukan pada Senin 6-4-2020 mendatang. Model pelantikan dengan video conference masih masih dilakukan sebagaimana pada pelantikan pertama, akibat maraknya pandemi vorus corona.

Mereka yang dilantik adalah para kepala desa terpilih saat mengikuti Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Gelombang III pada Februari 2020 lalu. Sedangkan untuk pelantikan pertama dilakukan Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah yang diikuti 24 kepala desa terpilih pada Rabu 1-4-2020.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bojonegoro Mahmudin mengatakan, tahap selanjutnya sesuai dengan surat yang dikirimkan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) kepada seluruh camat se Kabupaten Bojonegoro.

“Tahap pelantikan sesuai surat itu,” kata mantan Camat Ngasem, Bojonegoro ini pada damarinfo.com, Kamis 2-4-2020.

Baca Juga :   Markas Besar Polri Distribusikan 2000 Paket Beras di Bojonegoro

Mahmudin menyebutkan, pada tahap II akan diikuti 109 calon kepala desa dari 22 kecamatan dan digelar pada Senin , 6- April- 2020 mendatang. Selanjutnya juga digelar pelantikan Tahap III dengan jumlah calon kades yang akan dilantik 83 orang dari 20 kecamatan pada Jum’at 17-April-2020 mendatang. Kemudian pada Tahap IV akan diikuti oleh 17 Desa dari 11 kecamatan dan dilaksanakan pada Senin 4 –Mei- 2020 mendatang.

Dalam pelantikan tahap pertama, Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah berharap kepada 24 Kepala Desa yang sudah resmi dilantik agar segera menentukan arah kebijakan pada tahun mendatang. Yaitu berdasarkan identifikasi potensi, permasalahan, harapan, dan tuntutan masyarakat dengan kebutuhan mendesak dalam rangka mewujudkan kebijakan kesejahteraan masyarakat Desa. “Jangan sampai ada tebang pilih di antara warga desa yang sudah memilih saudara ataupun tidak. Semaksimal mungkin harus menciptakan lingkungan demokrasi yang kondusif,” tuturnya.

Baca Juga :   Polres Bojonegoro Data Pilkades Rawan Konflik

Bupati menegaskan, di tengah pandemi covid-19 yang mewabah, Kepala Desa agar segera mengambil langkah positif serta melaksanakan pencegahan covid-19. Baik dari Pemerintah Pusat, Pemprov, dan Pemkab, agar virus corona segera teratasi.

Jadwal dan Calon Kades yang dilantik pada tahap II – IV dapat diunduh disini

Penulis : Syafik
Editor : Sujatmiko

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *