Bojonegoro Juara Sisa Anggaran Nasional Tahun 2022

oleh
oleh
(Komplek Kantor Pemkab Bojonegoro. Foto : Syafik)

damarinfo.com – Anggaran Pendapatan dan Belanja Kabupaten Bojonegoro (APBD) Perubahan tahun 2022 sebesar Rp. 7,03 triliun, dari anggaran sebesar itu Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (SILPA) sebesar Rp, 2,25 triliun atau 32 persen dari Total APBD Perubahan.

Besarnya SILPA APBD Kabupaten Bojonegoro tahun 2022 ini menempatkan Bojonegoro menjadi Kabupaten dengan SILPA tertinggi seluruh Indonesia. Sementara SILPA Kabupaten/Kota lain di Indonesia mencatatkan SILPA di bawah Rp.1 triliun.

Bahkan jika dibandingkan dengan Provinsi-Provinsi di Indonesia, SILPA Kabupaten Bojonegoro masih menempati urutan ke tiga. SILPA Kabupaten Bojonegoro lebih besar dari SILPA Provinsi Jawa Timur. SILPA Provinsi Jawa Timur pada tahun 2022 adalah sebesar Rp. 1,9 triliun dari APBD Provinsi Jawa Timur sebesar Rp. Rp. 31,7 triliun. SILPA Kabupaten Bojonegoro hanya kalah dari Provinsi DKI Jakarta dan Provinsi Kalimantan Timur.

Di tingkatan Kabupaten/Kota, Kota Surabaya dengan APBD terbesar se Indonesia hanya mencacatkan SILPA sebesar Rp. 759,95 miliar, atau Kota Makasar yang pada tahun 2023 menempati urutan ke dua APBD terbesar se Indonesia hanya mencatatkan SILPA sebesar Rp. 892,03 miliar. Sementara Kabupaten Bekasi yang berada di urutan ke tiga Kabupaten dengan APBD terbesar ke tiga mencatatkan SILPA sebesar Rp. 890,35 miliar.

Baca Juga :   Persentase Realisasi APBD Bojonegoro Tahun 2021 Ranking 309 se Indonesia

Berikut Grafik 10 Kabupaten/Kota dengan SILPA terbesar tahun 2022, data diolah dari website djpk.kemenkeu.go.id

Baca Juga :   Mochlasin Afan : Kenaikan ADD Solusi Pemerataan Pembangunan Desa, Bukan BKD!
(Grafik 10 Kabupaten/Kota dengan SILPA Terbesar seluruh Indonesia. data diolah dari djpk.kemenkeu.go.id. Grafis : Syafik)

Penulis: Syafik

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *