Bojonegoro Juara 1 Persentase Rumah Penduduk Berlantai Tanah se Jawa Timur

oleh -
oleh
(Foto Hasil Aladin. Sumber :Bojonegorokab.go.id)

damarinfo.com – Bisa jadi kita tidak percaya bahwa masih ada rumah di Kabupaten Bojonegoro ini berlantaikan tanah, pasalnya Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (ABPD) Kabupaten Bojonegoro terbesar ke dua se jawa Timur, yakni Rp. 7,4 triliun.

Namun data dari Badan Pusat Statistik (BPS) berkata lain, pada tahun 2022 Persentase Rumah Tangga menurut Kabupaten/Kota dan Bahan Bangunan Utama Lantai Rumah Terluas dari tanah masih mencapai 32,39 persen,  dari semen sebanyak 19,96 persen dan dari bambu sebanyak 0,2 persen.

Baca Juga :   1,2 Juta Rumah Tangga di Jakarta Tidak Punya Rumah. Jawa Timur Bagaimana?

Jika menilik data jumlah rumah tangga yang memiliki rumah sendiri di Kabupaten Bojonegoro yakni sebanyak 353.021 maka jumlah rumah penduduk yang masih berlantai tanah setara dengan 123.557 rumah.

Persentase ini menempatkan Kabupaten Bojonegoro pada urutan pertama rumah penduduk yang berlantai tanah dari 38 Kabupaten/Kota se Jawa Timur.

Pada urutan kedua adalah Kabupaten  Ngawi dengan persentase lantai rumah berbahan tanah sebesar 26.3 persen, di urutan ketiga adalah Kabupaten Sampang dengan dengan persentase 21,5 persen.

Baca Juga :   Program Bedah Rumah Tahun 2022 Masih Tunggu SK Bupati Bojonegoro

Berikut 10 Kabupaten di Jawa Timur dengan Persentase Lantai Rumah berbahan Tanah tahun 2022;

(Tabel 10 Kabupaten dengan Persentase Rumah dengan lantai berbahan tanah terbesar di Jawa Timur tahun 2022. Data diolah dari data BPS Jawa Timur)

Sementara itu Kota Blitar menjadi Kabupaten dengan persentase lantai rumah penduduknya berbahan tanah paling sedikit yakni 0,13 persen, berikutnya Kabupaten Sidoarjo dengan persentase 0,23 persen dan di urutan ketiga adalah Kota Surabaya dengan persentase 0,43 persen.

Bagaimana dengan Kabupaten/Kota yang lain di Jawa Timur? Berikut datanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *