Blora Punya Kebun Anggur, Kunjungi Yuk

oleh
Kebun buah anggur di Kelurahan Kunden, Kecamatan Blora Kota, kebun anggur rintisan Mas Agus Jumantoro (seorang praktisi pertanian hortikultura) bersama Pak Setiyono (pemilik lahan) diresmikan pada hari Minggu 8-32020.Foto/Dok. Protokol Pemkab Blora

Blora-Kabupaten Blora kini punya kebun buah anggur. Di Kelurahan Kunden, Kecamatan Blora Kota, kebun anggur rintisan Mas Agus Jumantoro (seorang praktisi pertanian hortikultura) bersama Pak Setiyono (pemilik lahan) diresmikan pada hari Minggu 8-32020.

Peresmian dilakukan secara simbolis dengan pengguntingan pita oleh Wakil Bupati Blora Arief Rohman bersama komunitas/kluster hortikultura Kabupaten Blora, dilanjutkan kunjungan keliling kebun.

Turut hadir Kabid Pariwisata Dinporabudpar, perwakilan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Sekcam Blora, Lurah Kunden dan masyarakat sekitar.

Agus Jumantoro selaku pengelola menyampaikan bahwa kebun anggur yang berada di sebelah selatan Perumda Kelurahan Kunden ini dinamakan Wisata Edukasi Kebun Anggur Blora (Wekab) “Sumber Makmur”.

“Mengapa wisata edukasi? Karena kami ingin memberikan edukasi kepada masyarakat, khususnya para pemuda agar gemar menggeluti bidang pertanian. Kami prihatin karena kebanyakan pemuda lebih senang berdagang ketimbang bertani. Padahal mayoritas ekonomi negara kita disumbang dari pertanian,” ucapnya.

Baca Juga :   Ruang IGD RSUD Blora Tampung Pasien Reaktif Covid-19

Disini, menurutnya pengunjung bisa belajar menanam anggur yang benar. Begitu juga cara perawatan dan pengembangbiakannya. Ada juga kedai tempat untuk nongkrong santai sekedar ngopi atau makan. Menurutnya memilih anggur, karena buah ini sangat cocok dengan kondisi Blora. Memang banyak orang tahunya anggur tumbuh di daerah dataran tinggi bersuhu dingin dan bersalju. “Namun di dataran rendah dengan iklim tropis atau panas seperti di Blora ini, produktifitasnya lebih tinggi,” lanjut Agus Jumantoro.

Agus mengatakan menurut studi yang ia pelajari, pada lahan satu hektar di dataran tinggi bersuhu dingin akan menghasilkan anggur kurang lebih 15 ton. Sedangkan untuk satu hektar lahan di dataran rendah yang bersuhu panas bisa menghasilkan anggur hingga 20 ton. Di tempatnya baru dirintis. Sudah ada 250 pohon anggur mulai berbuah pada usia 3,5 bulan. Sudah ada yang berbuah namun belum bisa dipanen. Panennya 6 bulan lagi.

Baca Juga :   Masa Tunggu Keberangkatan Haji di Blora 28 Tahun

Dari 250 pohon yang ditanam, ada 13 varietas yang berasal daratan Eropa dan Rusia. Diantaranya varietas anggur akademik, anggur jupiter, anggur transfigurasi, anggur dubovsky pink, anggur ninel, anggur favor, dan masih banyak lagi.

Wakil Bupati Blora, Arief Rohman, mengapresiasi kerja keras Agus Jumantoro bersama Pak Setiyono dan tim yang telah gigih mendirikan dan membuka kebun buah anggur untuk pertama kalinya di Blora.

“Inspirasinya dari Mas Agus dan Pak Setiyono, ternyata di Blora ini bisa tumbuh anggur dengan baik. Ini yang amazing, dan mengagetkan kita. Ini konsepnya wisata edukasi. Bagus, kami mewakili Bapak Bupati dan Pemkab Blora mengapresiasi,” katanya.

Untuk diketahui, produk hortikultura Kabupaten Blora sudah cukup banyak dikenal diantaranya Sawo Bangowan, Jeruk Tanggel, Durian dari Tunjungan, Japah dan Todanan, Jambu Kristal, Pepaya Kalina, Kelengkeng Kateki, Melon, Semangka, dll.

Penulis : Sujatmiko/ bahan Protokol Pemkab Blora

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *