Blangko KTP Elektronik di Blora Melimpah

oleh
Pegawai Dindukcapil Blora melakukan pencetakan KTP el belum lama ini. Ketersediaan blangko saat ini cukup banyak.Foto/Ais

Blora-Persediaan blangko kartu tanda penduduk elektronik (KTP el) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kabupaten Blora melimpah. Itu terjadi setelah Dindukcapil Blora mendapatkan pasokan blangko dari Kementerian Dalam Negero (Kemendagri). Jumlahnya sebanyak 8.000 keping.

Pihak Dindukcapil Blora menyebutkan, pasokan blangko KTP el telah dari dari Kemendagri, pada Kamis 30-1-2020-lalu. Jumlah yang sudah datang diperkirakan mencukupi kebutuhan untuk beberapa pekan depan. ‘’Insya Allah tidak akan ada lagi antrean helm seperti yang pernah terjadi pekan lalu karena stok blangko KTP el cukup banyak,’’ ujar Kepala Dindukcapil Blora Riyanto melalui Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Dindukcapil Blora Agus Listiyono, Senin 3-2-2020.

Dia mengungkapkan, Dindukcapil Blora telah menerima blangko KTP el sebanyak 8.000 dan pasokan tinta untuk pencetakan KTP el. Jumlah 8.000 keping blangko KTP el itu sudah distribusikan ke kecamatan-kecamatan dan juga sebagai stok di Dindukcapil.

Pendistribusian dilakukan karena sejumlah kecamatan di Blora tersebut sejak beberapa tahun lalu sudah bisa melakukan pencetatan KTP el. Sedangkan bagi warga yang ingin mengajukan permohonan pencetakan KTP el, untuk datang ke kecamatan domisili masing-masing. Bisa juga mengajukan ke kantor Dindukcapil Blora,’’ tandas Agus Lis panggilan Agus Listiyono.

Baca Juga :   Tim Asistensi Bantu Susun Perencanaan untuk 80 Desa di Bojonegoro

Menurutnya, pencetakan KTP el selama beberapa pekan terakhir ini tidak terkait dengan akan digelarnya pemilihan kepala daerah. Melainkan diajukan oleh warga karena mereka belum memiliki KTP el, baik pemohon baru ataupun warga yang sudah lama melakukan perekaman data KTP el namun baru dibuatkan surat keterangan pengganti KTP el. ‘’Untuk persiapan Pilkada, kami akan ada program tersendiri,’’ tuturnya.

Baca Juga :   Kapolres Bojonegoro Sosialisasi 3T ke Tiga Pilar di Desa

Agus Lis menyatakan, Dindukcapil terus mengontrol ketersediaan blangko KTP el. Menurutnya, setiap hari jumlah blangko yang terpakai untuk pencetakan dibuatkan laporannya. ‘’Jika persediaan blangko sudah menipis, kami akan minta lagi ke Kemendagri,’’ ujarnya.

Melimpahnya persediaan blangko KTP el membuat warga antusias akan mengajukan permohonan pencetakan KTP el. ‘’Senin pekan depan saya akan mengurus pencetakan KTP el saya,’’ kata Gunarti, salah seorang warga Tunjungan.
Penulis : Ais
Editor : Sujatmiko

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *