Berkas Syarat Dukungan Dikembalikan, KPU Digugat ke Bawaslu Bojonegoro

oleh
oleh
(Kantor KPU Bojonegoro, Jalan KH. M. Rosyid bojonegoro. Foto : Syafik)

Bojonegoro,damarinfo.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bojonegoro mengembalikan berkas atau dokumen dukungan sebagai syarat pencalonan dari jalur perseorangan dari Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Nurul Azizah-Nafik Sahal, Kamis 16-5-2024.

Pasca pengembalian tersebut pihak Bapaslon Nurul Azizah-Nafik Sahal pun mengadukan perkara tersebut kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bojonegoro Kamis 16-5-2024 malam. Hamida Hayati, kakak Nurul Azizah  menyatakan akan menggugat KPU sebab ada kendala atau masalah pada aplikasi milik penyelenggara pemilu itu.

“Yang jadi masalah (salah satunya) servernya ada hubungan dengan jaringan sering erorr, nanti ini yang digugat,” bebernya.

Ketua KPU Kabupaten Bojonegoro Fatkhur Rohman mempersilakan hal tersebut. Karena merupakan hak dan ada ketentuan bapaslon bisa melakukan gugatan terhadap KPU Bojonegoro.

Baca Juga :   Jalan Nurul Azizah-Nafik Sahal Masih Panjang Menuju Pilkada Bojonegoro 2024

“Kami harus patuh dengan proses yang ada, karena konteks pencalonan ini bisa memakai sengketa proses,” tegasnya.

Terpisah, Ketua Bawaslu Bojonegoro,  Handoko Sosro Hadi Wijoyo membenarkan bahwa terdapat mekanisme penyelesaian sengketa pemilihan melalui Bawaslu. Dokumen tanda pengembalian dapat dijadikan Objek Sengketa Pemilihan.

“Semalam kami dapat surat yang menyatakan keberatan, disampaikan LOnya,” tanas Hans, sapaan akrabnya.

Seperti diberitakan sebelumnya Bakal Pasangan Calon Perseorangan Bupati dan Wakil Bupati Bojonegoro Nurul Azizah – Nafik Sahal  menyerahkan berkas dukungan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bojonegoro pada tanggal 12-Mei-2024.

Baca Juga :   Besuk, PPK Pilkada Bojonegoro Tahun 2024 Terpilih Dilantik

Dari hasil perhitungan yang dilakukan oleh petugas dari KPU Bojonegoro didapatkan bahwa jumlah berkas dukungan telah memenuhi syarat minimal jumlah dukungan yakni  sebarannya 100 persen, dan terverifikasi 75.777 dukungan.

Selanjutnya KPU Bojonegoro memberikan kesempatan kepada Bakal Pasangan Calon Perseorangan untuk melakukan input data ke Sistem Pencalonan (Silon) KPU selama 3 x 24 jam sejak dterbitkannya tanda penerimaan dan Berita Acara Penerimaan.

Ketua KPU Bojonegoro Fatkur Rohman menyampaikan bahwa dari hasil input data di Silon diketahui bahwa belum semua berkas dukungan diinput.

“ada kekurangan sekitar 7 ribu” Kata Fatkur Rohman.

Penulis : Syafik

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *