Berikut Beberapa Cara Kreatif untuk Memasarkan Produk UMKM Secara Online. Biar Omzet Naik.

oleh
oleh
(Ilustrasi. https://smesta.kemenkopukm.go.id/)

Damarinfo.com – Pemasaran produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melalui media online saat ini menjadi keniscayaan. Namun perlu strategi dan cara yang kreatif agar pemasarannya efektif dan produk bisa laris.

Berikut beberapa cara kreatif untuk memasarkan produk UMKM;

  • Gunakan media sosial: Media sosial adalah platform yang sangat efektif untuk memasarkan produk UMKM. Buat akun bisnis di platform seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan LinkedIn. Gunakan konten visual yang menarik seperti gambar dan video untuk menampilkan produk Anda. Selain itu, gunakan fitur-fitur seperti story, live video, dan hashtag untuk membuat produk Anda lebih mudah ditemukan oleh pelanggan potensial.
  • Ciptakan konten yang menarik: Buat konten yang informatif dan menarik tentang produk Anda, seperti tutorial penggunaan atau review dari pelanggan yang puas dengan produk Anda. Anda juga bisa membuat blog di situs web Anda atau di platform seperti Medium untuk membagikan informasi yang bermanfaat tentang produk Anda dan industri tempat bisnis Anda beroperasi.
  • Bergabung dengan marketplace: Bergabung dengan marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, atau Shopee dapat membantu produk Anda lebih mudah ditemukan oleh pelanggan potensial. Marketplace juga biasanya menawarkan fitur-fitur yang memudahkan Anda untuk mengelola bisnis Anda, seperti sistem pembayaran dan pengiriman yang mudah.
  • Gunakan influencer: Influencer bisa membantu memperluas jangkauan produk Anda dengan cara mempromosikan produk Anda melalui akun media sosial mereka. Pastikan untuk memilih influencer yang relevan dengan produk Anda dan memiliki audiens yang tepat.
  • Tawarkan promo khusus: Tawarkan promo khusus untuk pelanggan baru atau pelanggan setia. Misalnya, diskon untuk pembelian pertama atau diskon untuk pembelian dalam jumlah besar. Ini bisa menjadi daya tarik bagi pelanggan potensial dan membantu meningkatkan penjualan produk Anda.
  • Berikan layanan pelanggan yang baik: Layanan pelanggan yang baik bisa membantu membangun kepercayaan pelanggan dan meningkatkan loyalitas. Berikan respons yang cepat dan bantuan yang memadai jika pelanggan memiliki masalah atau pertanyaan tentang produk Anda.
  • Gunakan iklan online: Gunakan iklan online seperti Google Ads atau Facebook Ads untuk mempromosikan produk Anda. Anda bisa menargetkan iklan Anda kepada audiens yang tepat, seperti berdasarkan lokasi, minat, atau perilaku online.
  • Buat produk unik dan menarik: Buat produk yang unik dan menarik sehingga pelanggan tertarik untuk membeli produk Anda. Jangan ragu untuk mencoba sesuatu yang baru atau berbeda untuk membedakan produk Anda dari pesaing
Baca Juga :   Kapolres Bojonegoro Hadiri Pembukaan Bojonegoro Expo Tahun 2022

Demikian tadi beberapa cara kreatif untuk memasarkan produk UMKM secara online. Semoga Bermanfaat dan dagangannya laris mani.

Penulis: Syafik

Baca Juga :   Wah...Sekarang Mahasiswa juga Bisa Dapat KUR Lho.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *