Berapa Bayaran Pawang Hujan? Besar Juga Lho..

oleh
oleh
(Aksi Mbak Rara saat di ajang MotoGP di sirkuit Mandalika Lombok, NTB. Foto : twitter.com/mandalikaGP)

Damarinfo.com – Kita tentu belum lupa dengan aksi Mbak Rara dalam ajang MotoGP yang digelar tahun lalu di Sirkuti Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Aksinya menjadi salah satu suguhan menarik diantara serunya gelaran MotoGP waktu itu.

Profesi Pawang Hujan seperti Mbak Rara ternyata sangat dibutuhkan oleh para pelaku event organiser (EO) khususnya di musim penghujan, ya biar acaranya tetap berjalan dengan lancar dan sukses. Tidak hanya kegiatan-kegiatan yang dihelat oleh swasta tapi juga pemerintahan pada acara-acara di tempat terbuka.

Misalnya di Bojonegoro, pada kegiatan Bojonegoro Night Carnival, yang digelar Bulan Oktober 2022 lalu, yang kebetulan sudah memasuki musim penghujan. Sore hari sebelum acara yang digelar malam itu, mendung pekat menggelayut di langit Kota Bojonegoro, pertanda bakal terjadi hujan lebat yang bisa mengganggu acara yang menghadirkan para pejabat Bojonegoro memakai pakaian tradisional ala Kerajaan Majapahit itu.

Namun ternyata malam saat acara tersebut berlangsung, langit pun cerah, hujan tidak jadi turun, bahkan gerimis pun tidak.

Baca Juga :   APBD Perubahan Tahun 2023 Bakal Dibahas Pasca Masa Jabatan Bupati Bojonegoro Habis

“pawang hujannya joss” Kata salah satu warga Bojonegoro kala itu.

Pada kegiatan itu bisa menggunakan pawang hujan atau tidak, tidak dapat terkonfirmasi. Namun dalam Peraturan Bupati Bojonegoro nomor 32 Tahun 2022, tentang Perubahan Ketiga atas Peraturan Bupati Bojonegoro nomor 29 tahun 2021 tentang Standar Biaya Umum (SBU) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro tahun 2022, tercantum honor untuk Pawang Hujan.

Baca Juga :   Duwit Bojonegoro Tahun 2023 Bisa Tembus Rp. 8 Triliun.

Dalam Lampiran XXX dari Perbup Bojonegoro tertanggal 17 November 2022 tersebut Honor Pawang Hujan masuk dalam Honorarium Bidang Kesenian, besaran honor yang tertera adalah Rp. 1 Juta per Orang Perkegiatan (OK). Honor pawang hujan ini sama dengan honor seniman (Pemusik, Peraga seni, Sinden) yang berasal dari dalam Kabupaten.

Tertarik menjadi Pawang Hujan?

Penulis : Syafik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *