Benarkah Pendidikan Penduduk Bojonegoro Rendah? Yuk Lihat Datanya

oleh
oleh
(Bangunan Sekolah Dasar di Desa Napis Kecamatan Tambakrejo. Foto : sekolahkit.net)

Damarinfo.com – Kabupaten Bojonegoro adalah Kabupaten penghasil minyak dan gas (migas) sehingga mendapatkan dana bagi hasil yang besar di produksi Migas tersebut. Hal ini berimbas pada besarnya Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bojonegoro.  Pada tahun 2024 APBD Bojonegoro direncakan sebesar Rp. 8,7 triliun. Besarnya APBD Bojonegoro  apakah berimbas pada pendidikan penduduknya? yuk dilihat datanya.

Dalam buku Statitistik Pendidikan Jawa Timur tahun 2023 yang diterbikan oleh Badan Pusat Statistik (BPS)  Jawa Timur, dari hasil survei sosial ekonomi  nasional (Susenas) pada Maret 2023, dapat diketahui kondisi pendidikan provinsi dan kabupaten/kota di Jawa Timur, termasuk Kabupaten Bojonegoro. Juga dapat dibandikan antara satu Kabupaten/kota dengan Kabupaten/Kota yang lain.

Ada enam indikator yang digunakan oleh BPS untuk mengukur tingkat pendidikan sebuah wilayah yakni Angka Partisipasi Sekolah (APS), Angka Partisipasi Murni (APM), Pendidikan Tinggi yang Ditamatkan, Rata-Rata Lama Sekolah, Angka Melek Huruf (AMH) dan Angka Buta Huruf (ABH).

APS dapat digunakan untuk melihat seberapa banyak penduduk usia sekolah yang telah mengakses pendidikan. APS Kabupaten Bojonegoro untuk usia 7-12 Tahun berada di atas Provinsi JawaTimur, dan berada di urutan ke 16 dari Kabupaten/Kota di Jawa Timur. Untuk usia 13 – 15 tahun atau usia, APS Bojonegoro berada di urutan ke dua, jauh di atas Provinsi Jawa Timur. Sementara  untuk usia 16-18 tahun juga di atas APS Jawa Timur dan berada pada peringkat ke 11 dari 38 Kabupaten/Kota di Jawa Timur.

Baca Juga :   Hanya 432 SD di Bojonegoro yang Punya Perpustakaan, 63 persennya Rusak

Berikut Tabel APS Kabupaten Bojonegoro tahun 2023

(Berikut Tabel APS Kabupaten Bojonegoro tahun 2023, Data Diolah, Sumber : Buku Statitik Pendidikan Jawa Timur tahun 2023, Volume 8, Tahun 2024 BPS Jawa Timur)

APM digunakan sebagai indikator untuk mengukur proporsi anak yang bersekolah tepat pada waktunya. APM Kabupaten Bojonegoro untuk usia SD berada di atas Provinsi Jawa Timur, dan berada pada peringkat ke-8 dari 38 Kabupaten/Kota di Jawa Timur. Untuk usia SMP, APM Bojonegoro berada di bawah Jawa Timur dan berada di urutan ke-24. Sementara untuk usia SMA meski APM di atas APM Jawa Timur namun di antara Kabupaten/Kota di Jawa Timur Kabupaten Bojonegoro berada di urutan ke 22.

Berikut Tabel APM Kabupaten Bojonegoro tahun 2023

(Berikut Tabel APM Kabupaten Bojonegoro tahun 2023, Data Diolah, Sumber : Buku Statitik Pendidikan Jawa Timur tahun 2023, Volume 8, Tahun 2024 BPS Jawa Timur)

Pendidikan Tinggi yang Ditamatkan ini adalah indikator untuk melihat kualitas sumber daya manusia. Intelektual seseorang pada umumnya akan semakin meningkat seiring dengan bertambah tingginya tingkat pendidikan seseorang.

Di Bojonegoro persentase orang berumur 10 tahun ke atas yang tidak mempunyai ijasah sebanyak 18,26 persen, angka ini di bawah Provinsi Jawa Timur dan menempatkan Bojonegoro pada urutan ke-10 di Jawa Timur. Untuk persentase penduduk yang tamat SD Kabupaten Bojonegoro berada di urutan ke-19 dengan Angka 27,2 persen, dan di atas Provinsi Jawa Timur. Sementara itu persentase penduduk yang mampu menamatkan pendidikan sampai jenjang SMP adalah 22,92 persen, angka ini di atas Provinsi Jawa Timur dan menempatkan posisi Bojonegoro pada urutan ke 11.

Baca Juga :   Perpustakaan dan Laboratorium SMP di  Bojonegoro 60 Persen lebih Kondisinya Rusak.

Sementara untuk penduduk yang mampu mempunyai ijasah SMA di Bojonegoro sebanyak 19,01 persen, di bawah Provinsi Jawa Timur dan menempatkan Bojonegoro pada urutan ke 27 dari 38 Kabupaten/Kota di Jawa Timur. Dan untuk penduduk Bojonegoro  yang mampu menamatkan hingga ke Perguruan tinggi hanya 6,3 persen, angka ini menempatkan Bojonegoro di urutan ke-24 di Jawa Timur.

Berikut Tabel Pendidikan Tertinggi yang Ditamatkan Kabupaten Bojonegoro tahun 2023

(Berikut Tabel Pendidikan Tertinggi yang Ditamatakan Penduduk Kabupaten Bojonegoro tahun 2023, Data Diolah, Sumber : Buku Statitik Pendidikan Jawa Timur tahun 2023, Volume 8, Tahun 2024 BPS Jawa Timur)

Untuk indikator Rata-rata Lama sekolah di Kabupaten Bojonegoro berada di bawah Provinsi Jawa Timur dan berada di urutan ke-28. Di Kabupaten Bojonegoro penduduk usia 15 tahun, rata-rata lama sekolahnya adalah 7,88 tahun atau sampai jenjang SMP.

Di Bojonegoro Angka Melek Hurufnya 93,29 persen dan berada di bawah Provinsi Jawa Timur yakni 94,17 persen. Angka Melek Huruf Kabupaten Bojonegoro ini berada di urutan ke-26 di Jawa Timur.

Berikut Tabel Rata-rata Lama Sekolah dan Angka Melek Huruf  Kabupaten Bojonegoro tahun 2023

(Berikut Tabel Rata-Rata Lama Sekolah dan Angka Melek Huruf di Kabupaten Bojonegoro tahun 2023, Data Diolah, Sumber : Buku Statitik Pendidikan Jawa Timur tahun 2023, Volume 8, Tahun 2024 BPS Jawa Timur)

Dengan melihat angka dari indikator-indikator pendidikan Kabupaten Bojonegoro tersebut dan peringkatnya di Jawa Timur, bisa disimpulkan bagaimana kondisi pendidikan di Bojonegoro tersebut, dibandingkan Kabupaten/Kota di Jawa Timur. Masih Rendah kah atau Sudah Tinggi?

Penulis : Syafik

Sumber : Buku Statistik Pendidikan Jawa Timur tahun 2023.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *