Bale Parawangsa Siap Gelar Pameran Foto, Tokoh Budaya Beri Apresiasi

oleh
oleh
(Tokoh Perupa Bojonegoro Mbah Dien mengamati foto-foto yang akan dipamerkan di Bale Parawangsa, Kamis 4-8-2022. foto : Rahman)

Bojonegoro, damarinfo.com –  Sebanyak hampir 50 karya foto telah terpasang di dinding Bale Parawangsa di Jalan Mliwis Putih Kelurahan Ngrowo Bojonegoro. Foto-foto itu adalah karya dari tiga fotografer Bojonegoro, yakni Kawan Giri Santoso, Wahyu Budiyanto dan Tulus Yudha Maundri yang ditampilkan dalam ajang eksibisi (pameran) triplet fotografi.

Rencananya pameran akan dibuka malam hari ini Kamis 4-8-2022, dengan seremonial seperti sebelumnya. Yakni Klanyahan oleh Kang Germo Sandur Pakeliran yang dibawakan Agus Sighro Budiono dan suguhan lepet yang merupakan salah satu atribut ikonik dari kesenian Sandur Bojonegoro.

Jelang pembukaan pameran sejumlah apresiator berkesempatan menilik persiapan pameran foto di Bale Parawangsa.

“Foto-foto ini bisa dikolaborasikan dengan pelukis, yakni sebagai referensi obyek lukisan,” kata Dhien Muhammad, salah satu perupa senior di Bojonegoro.

Baca Juga :   Ratusan Orang Datangi Bale Parawangsa Bojonegoro. Ada Apakah di sana?

Sementara itu, Jagad Pramujito salah satu budayawan dan seniman juga memberikan apresiasinya saat menyempatkan diri berkunjung di Bale Parawangsa saat ketiga fotografer melakukan persiapan pembukaan.

“Ada banyak foto bertemakan seni dan budaya, inipun juga dapat dianggap sebagai upaya pelestarian budaya. Terutama yang telah menjadi ikon di Bojonegoro,” ujar pria yang pernah menerima penghargaan seni dari Dewan Kesenian Jawa Timur di tahun 2019 lalu.

Pameran foto bakal digelar selama 9 hari dan terbuka untuk umum pada jam kerja. Salah satu kegiatan pendamping yang disiapkan adalah lomba foto instagram pada lomba makan kerupuk, serta unjuk karya kolase foto menjadi panel painting oleh mahasiswa.

Baca Juga :   Wow...Dua Pekan Sudah Ribuan Orang Kunjungi Bale Parawangsa. Kalahkan Tempat Wisata di Bojonegoro

“Semoga jadwalnya bisa pas, teman-teman fotografer dari Jakarta akan duduk bersama dan dapat belajar bareng dunia praktis fotografi,” ujar Kawan Giri Santoso, salah satu fotografer yang ikut memajang karyanya.

Menurutnya, saat ini rombongan fotografer dari ibukota tersebut sedang melakukan kegiatan hunting foto bertemakan budaya di pelosok Bojonegoro.

“Mereka adalah fotografer nasional yang punya track record mengesankan dan ini jadi momen langka,” pungkasnya

Penulis : Syafik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *