Aksi Demo di Urungkan, Di Kawal Bhabinkamtibmas Suplay Air Petani di Sumberrejo Tepenuhi

oleh -40 Dilihat
oleh

Bojonegoro, damarinfo.com – Pastikan suplay air aman hingga persawahan, Bhabinkamtibmas Desa Karangdinoyo yang juga anggota Polsek Sumberrejo bersama anggota HIPPA dan petani lakukan patroli air cek Dam Awir Desa Karangdinoyo Minggu 19-Mei-2024.

Tujuan dilakukan patroli air di jalur jalannya air hingga persawahan warga juga agar seluruh persawahan mendapatkan porsi suplay air secara merata dan tidak terjadi gesekan antar patani pemilik sawah.

Bhabinkamtibmas Desa Karangdinoyo Aipda Yudi kepada media ini saat dilapangan bersama warga melaksanakan patroli mengatakan bahwa menurut kesepakatan bersama melalui GHIPPA, Desa Karangdinoyo mendapatkan giliran jatah air pada hari Jum’at tanggal 17 Mei 2024 yang lalu hingga Sabtu tanggal 25 Mei 2024 nanti. Selain telah mendapatkan jadwal giliran, suplay air yang telah diturunkan oleh petugas operator waduk pacal nanti juga diharapkan bisa memenuhi kebutuhan air diseluruh persawahan Desa Karangdinoyo.

“Alhamdulillah, sampai hari ini air masih mengalir hingga Dam Awir walaupun debitnya menurun. Akan tetapi semoga bisa mencukupi,” ucap Aipda Yudi.

Baca Juga :   Keseruan Lomba Kemerdekaan SLB Sumberrejo bersama Mas Bhabinkamtibmas

Masih menurut Bhabinkamtibmas, bahwasannya pada hari Rabu tanggal 15 Mei 2024 yang lalu warga mengeluhkan adanya kondisi persawahan yang mulai mengering atau dalam istilahnya Nelo dan umur padi sudah memasuki 36 hari. Dalam kondisi seperti itu, jika suplay air tidak sampai ke persawahan secepatnya bisa dipastikan seluruh tanaman pada di Desa Karangdinoyo akan mati sebelum berbuah atau gagal panen yang sangat merugikan para petani.

“Semoga nantinya seluruh petani Desa Karangdinoyo bisa panen padi sesuai jadwalnya dan tidak terjadi gagal panen,” imbuh Aipda Yudi

Perlu diketahui bersama bahwa pada hari Rabu tanggal 15 Mei 2024 lalu warga mengeluhkan kondisi sawahnya nelo, sehingga pada hari Kamis tanggal 16 Mei 2024 warga meminta bantuan untuk mendatangi kantor BBWS yang ada di Kota Bojonegoro untuk memastikan bahwa air aman dan mengalir ke Desa Karangdinoyo sesuai jadwal. Setelah mengetahui jadwal datangnya air, Bhabinkamtibmas bersama warga dan anggota HIPPA Desa melaksanakan patroli air dari Hulu di Dam Mekuris hingga Desa Karangdinoyo.

Baca Juga :   Kapolsek Sumberrejo : Jika Ada Permasalahan Segera Laporkan Kepada Perangkat Desa Atau Bhabinkamtibmas

“Hari ini sudah 3 hari kami melaksanakan pengecekan bersama datangnya air dan mestikan air bisa mencukupi kebutuhan sawah di Desa,” pungkas Bhabinkamtibmas.

Sebelumnya, warga sempat akan mengadakan orasi (demo) jika pada hari Jumat tanggal 17 Mei 2024 air tidak kunjung datang ke Desa Karangdinoyo. Akan tetapi setelah melakukan permusyawaratan bersama Bhabinkamtibmas dan warga serta air sudah datang, warga urung melaksanakan aksi tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *