AJI Bojonegoro Gelar Pelatihan Prebunking Google News Initiative

oleh
oleh
Pelatihan prebunking google news initiative Aji Bojonegoro

Bojonegoro, damarinfo.com – Aliansi Jurnalis Indonesia (AJI) Bojonegoro menggelar pelatihan prebunking google news initiative, selama dua hari 13-14 Januari 2023, di fave hotel Bojonegoro. Harapannya dapat memperkuat kemampuan media dalam melakukan pengecekan fakta.

Kegiatan ini di ikuti sebanyak 25 awak media, meliputi media online dan elektronik yang ada di Bojonegoro baik lokal maupun nasional.

“Prebunking menjadi salah satu tindakan proaktif untuk mencegah, mengantispasi, sebelum mis/disiformasi menyebar luas. Hadirnya prebunking, bukan sekadar untuk koreksi fakta dan data, namun juga mengajak audiens untuk berpikir kritis dan memberdayakan kepercayaan  pemirsa,” ujar Ketua AJI Bojonegoro Dedi Mahdi.

Menurut Ketua AJI Bojonegoro, Pelatihan pre-bunking adalah pembuatan berita atau konten berupa naskah/artikel, gambar, grafis, dan video. Tujuannya untuk mencegah informasi bohong atau hoaks yang kerap berulang pada momen-momen tertentu, seperti hoaks berulang saat mendekati momen pemilu, bencana, kesehatan, politik, hingga lowongan kerja.

Baca Juga :   PWI Bojonegoro Menyayangkan Tindakan Satpam RSUD Sosodoro Jatikusumo

Salah satu pemateri Artika Rachmi Farmita mengatakan, sebelum prebunking, yang harus dilakukan adalah memetakan defisit data, mengecek kebenaran, atau bisa juga mengecek percakapan di media sosial untuk dijadikan tema yang akan diangkat.

Baca Juga :   DPRD Janjikan Pertemuan Jurnalis dengan Pihak RSUD

“Pertama yang di lakukan adalah memetakan defisit data sebelum prebunking,” tandasnya.

Pelatihan pre-Bunking ini merupakan strategi baru yang dikembangkan koalisi cekfakta.com, yang terdiri dari AMSI, AJI, dan MAFINDO, dan didukung oleh Google News Initiative. Media jadi garda terdepan karena bisa memberikan bahasa yang egaliter kepada orang-orang yang berpendidikan rendah.

Penulis : Tim Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *