Abul Hasan As Sadzili Pendiri Tarekat yang Berpenampilan Keren.

oleh
oleh
(Abul Hasan As Sadzili. Foto : jatman.or.id)

Damarinfo.com – Salah satu Tarekat yang diyakini mu’tabar (sanad keilmuan dan nasab mursyidnya menyambung sampai Rasulullah) adalah Tarekat Sadziliyah. Pendirinya adalah Abul Hasan As Sadzili.

Siapakah dia?

Namanya lengkapnya adalah Abul Hasan Asy-Syadzili Al-Hasani, lahir di Ghumarah, Maroko, Afrika Utara tahun 593 H/1197 M. Nasabnya menyambung hingga ke Rasulullah melalui jalur Sayidina Hasan. Berikut ini nasab Abu Hasan Asy-Syadzili:

Abul Hasan, bin Abdullah, bin Abdul Jabbar, bin Tamim, bin Hurmuz, bin Hatim, bin Qushay, bin Yusuf, bin Yusya’, bin Ward, bin Baththal, bin Ahmad, bin Muhammad, bin Isa, by.sin Muhammad, bin hasan bin Ali bin Abi Thalib suami dari Sayyidatina Fatimah bin Muhammad.

Dia tumbuh di desa Ghumarah. Dia menghafal Al-Quran Al-Karim dan mulai mempelajari ilmu syariat. Kemudian dia pergi ke kota Tunis ketika masih sangat muda. Dia tinggal di sebuah desa yang bernama Syadziliah. Oleh karena itu, dia dinisbatkan kepada desa tersebut meskipun dia tidak berasal dari sana, sebagaimana dikatakan oleh penulis al-Qamus. Ada juga yang mengatakan bahwa dia dinisbatkan kepada desa tersebut karena dia tekun beribadah di sana.

Baca Juga :   Selamat Jalan Syekh Ali Jaber

Abul Hasan Asy-Syadzili berkulit sawo matang, berbadan kurus, perawakannya tinggi, pipinya tipis, jari-jari kedua tangannya panjang, dan lidahnya fasih serta perkataannya baik. Dia tidak terlalu membatasi diri dalam makan dan minum.

Baca Juga :   Imam An Nasa’i, Ahli Hadis Murid Imam Abu Dawud dan Imam Turmudzi

Dia selalu mengenakan pakaian yang indah setiap kali memasuki masjid. Dia tidak pernah terlihat memakai baju-baju bertambalan sebagaimana yang dipakai oleh sebagian sufi, bahkan selalu mengenakan pakaian bagus. Dia menyukai kuda, memelihara, dan menungganginya. Dia selalu menasihatkan untuk bersikap moderat.

Abul Hasan As sadzili  wafat Humaitsara, Mesir tahun 1258 M.

Penulis : Syafik

Dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *