10 Pondok Pesantren Terbaik di Indonesia. Di Jakarta juga ada lho

oleh
(Pondok Pesantren Darun Najah di Jakarta. Foto : darunnajah.com)

Damarinfo.com – Pondok Pesantren menjadi salah satu sistem pendidikan keagamaan yang khas di Indonesia. Pondok pesantren berkembang bersamaan dengan berkembangnya agama islam di Indonesia.

Berikut deretan Pondok Pesantren terbaik di Indonesia hingga saat ini;

1.     Pondok Pesantren Sidogiri, Pasuruan Jawa Timur

Pondok Pesantren Sidogiri menjadi salah satu pondok pesantren yang sangat populer di Indonesia. Pondok pesantren ini didirikan oleh Sayyid Sulaiman yang berasal dari Cirebon. Saat mendirikan pondok ini, ia tidak sendirian namun ditemani dengan seorang Kyai Aminullah. Pondok Sidogiri ini sendiri sudah ada sejak tahun 1745. Tidak hanya mengajarkan agama Islam saja, namun pondok ini juga terkenal dengan hasil karya mandiri dalam bidang bisnis terutama masalah keuangan. Salah satu lembaga keuangan yang sangat terkenal dari pondok ini adalah BMT atau Baitul Mal wat Tamwil.

2.     Pondok Pesantren Modern Gontor, Ponorogo Jawa Timur

Tidak hanya Pondok Sidogiri saja yang ada di Jawa Timur, Jawa Timur juga memiliki pondok modern yang sangat terkenal dengan nama Gontor. Pondok ini berdiri pada tanggal 16 April 1926. Berdasarkan sejarahnya, Pondok Modern Gontor didirikan oleh tiga orang kyai yang bernama KH Zainudin Fananie, KH Ahmad Sahal dan KH Imam Zarkasy. Ketiga kyai ini merupakan putra dari seorang kyai yang bernama Kyai Santoso Anom Besari. Pondok ini sangat terkenal karena dijadikan pelopor dan inovator bagi pondok pesantren modern lainnya yang ada di Indonesia.

3.     Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri

Masih di Jawa Timur, Kediri juga memiliki pondok pesantren terbaik di Indonesia dengan nama Lirboyo. Awal berdirinya pondok pesantren ini diprakarsai oleh Kyai Sholeh. Setelah itu, proses pendirian dilanjutkan oleh menantunya yang bernama KH. Abdul Karim pada tahun 1910 di Kecamatan Kojoroto, Kediri, Jawa Timur. Pondok ini juga sudah berhasil menghasilkan alumni-alumni yang tidak hanya paham ilmu agama namun juga paham ilmu sosial

4.     Pondok Pesantren Nur El Falah, Banten

Selain jawa Timur, Banten juga memiliki pondok pesantren terkenal yang sudah berdiri sejak 1943. Pondok ini dirikan oleh KH. Abdul Kabier yang merupakan murid dari KH. Hasyim Asaid.

Baca Juga :   10 Kata Bijak Gus Baha, Bikin Hidup Tentram

Pondok ini juga berhasil mencetak para ulama yang intelek dengan visi misi dari pesantren ini. bahkan para orang tua santri tetap bisa memantau putra putrinya yang sedang mondok secara online untuk mengecek kehadiran, kegiatan yang dilakukan, kesehatannya, nilai prestasinya, pelanggaran yang dilakukan ataupun tabungannya.  Hal inilah yang menjadikan pondok pesantren ini begitu terkenal tidak hanya di wilayah Banten saja.

5.     Pondok Pesantren Al-Anwar, Sarang

Ini adalah pondok pesantren yang berada di Desa Karangmangu, Sarang, Rembang, Jawa Tengah. Pondok pesantren ini berdiri pada tahun 1967 oleh KH. Maimun Zubair. Pada awalnya, pondok ini hanya kelompok pengajian yang diadakan di Mushola saja. Namun berkat KH. Ahmad Syuaib dan KH. Zubair Dahlan pondok ini berhasil dibangun dan dikembangkan menjadi sebuah bangunan yang terdiri atas komplek A, B dan C.

6.     Pondok Pesantren La Tansa, Banten

Ini adalah sebuah pondok pesantren terbaik di Indonesia dengan luas pondok yang mencapai 13 Ha. Pondok ini dikelilingi oleh sungai Ciberang dan gunung-gunung yang hijau. Hal inilah yang menjadikan pondok ini sangat nyaman.

Pendirinya sendiri bernama Drs. KH. Ahmad Rifa’i. Di pondok ini, para santri akan terhindar dari berbagai macam polusi udara, polusi budaya dan polusi pergaulan yang bisa mengancam akidah manusia.

Adapun sistem pengajaran yang diterapkan ada pondok ini adalah sistem pengajaran yang variatif dan selalu memenuhi hajat umat Islam dalam sarana pendidikannya. Meskipun letaknya jauh dari perkotaan, namun pondok ini tetap mengikuti perkembangan zaman dalam masalah pendidikannya

7.     Pondok Pesantren Langitan, Tuban

Jawa Timur juga memiliki pondok pesantren terbaik di Indonesia dengan nama pondok pesantren Langitan, Tuban. Pondok ini sudah berdiri sejak tahun 1852 tepatnya di Dusun Mandungan, Desa Widang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Pondok ini memiliki luas kurang lebih 7 hektar. Adapun pemimpin pertama pondok ini adalah Kyai Abdullah Faqih yang terkenal sebagai ulama yang karismatik sehingga para pejabat tinggi juga sangat segan dan menghormati beliau.

8.     Pondok Pesantren Daar El-Qolam, Banten

Pondok Pesantren Daar El-Qolam adalah pondok pesantren yang didirikan oleh H. Qasad mansyur dan Drs. KH. Ahmad Rifai Arief. Pesantren ini berdiri pada tanggal 20 Januari 1968 yang terletak di Desa Pasir Gintung, Kecamatan Jayanti, Kabupaten Tangerang Banten.

Baca Juga :   Berikut Filosofi Logo Hari Santri Tahun 2022.

Jenis pondok ini adalah pondok pesantren modern yang merujuk pada pembelajaran kitab klasik. Meskipun demikian, metode pembelajaran yang digunakan sangatlah modern.

Bahkan tidak hanya pendidikan agama saja yang didapatkan, namun juga pendidikan umum diajarkan di pondok pesantren ini.

9.     Pondok Pesantren Darunnajah, Jakarta

Meskipun Jakarta adalah ibu kota dengan hiruk pikuknya, namun di tempat ini juga masih ada pondok pesantren terbaik di Indonesia dengan nama Pondok Pesantren Darunnajah.

Pondok pesantren ini sudah berdiri sejak tahun 1942 sebagai lembaga pendidikan Islam Swasta. Tepat pada tanggal 1 April 1974, mulailah diubah menjadi sebuah pondok pesantren oleh KH. Abdul Manaf Mukhayar dan kedua rekannya yang bernama KH. Qomaruzzaman dan KH. Mahrus Amin.

Adapun lokasi pondok ini berada di Jalan Ulujami Raya Nomor 86, Kelurahan Ulujami, Kecamatan Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta. Adapun pondok pesantren ini juga menerapkan kurikulum terpadu dalam proses pengajarannya.

Para santri tidak hanya diajarkan ilmu agama namun juga diajarkan bahasa Arab dan bahasa Inggris. Meskipun berada di jakarta, namun pondok pesantren ini terlihat sangat indah.

10. Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang

Tebuireng adalah salah satu pondok pesantren terbesar di Indonesia dan terbesar di Jombang, Jawa Timur. Pondok ini berdiri pada tahun 1899 yang didirikan oleh KH. Hasyim Asyari. Beliau juga menjadi tokoh pendiri Nahdlatul Ulama.

Pondok pesantren ini lebih memfokuskan pada pembelajaran syariat Islam. Meskipun demikian, terdapat pula pembelajaran umum dengan struktur kurikulum yang terbaru. Hingga saat ini, pondok ini berhasil memberikan kontribusi pendidikan kepada masyarakat.

Salah satu tokoh yang terkenal dan berasal dari pondok pesantren ini adalah KH. Abdurrahman Wahid atau lebih dikenal dengan sebutan Gusdur. Beliau juga merupakan mantan presiden Ri keempat. Perlu kamu tahu, Gusdur sendiri merupakan cucu dari KH. Hasyim Asyari.

Dan masih banyak lagi pondok pesantren di Indonesia yang juga terbaik, yang tersebar di seluruh wilayah Indoneisa.

Penulis : Syafik

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *