10 Masjid Tertua di Indonesia. Di Kota Mana Saja?

oleh
(Masjid Saka Tunggal Purwokerto. Foto : wikipedia)

Damarinfo.com – Masjid menjadi salah satu bukti penyebaran islam di Indonesia, sehingga keberadaan Masjid di Indonesia bersamaan dengan penyebaran Islam di Indonesia. Masjid-masjid tertua tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Berikut adalah 10 Masjid tertua di Indonesia;

  1. Masjid Tua Palopo

Masjdi ini didirikan oleh Raja Luwu bernama Sultan Abdullah Matinroe pada tahun 1604, menjadikan Masjid Tua Palopo sebagai salah satu masjid tertua dan bersejarah di Indonesia. Palopo sendiri diambil dari kata dalam bahasa Bugis dan Luwu yang memiliki hubungan dengan proses pembangunan Masjid Tua Palopo. Bangunan ini memiliki luas sebesar 15 meter persegi dan berada di Kota Palopo, Sulawesi Selatan.

  1. Masjid Tua Al-Hilal Katangka

Masjid ini dibangun pada tahun 1603 pada masa pemerintahan Raja Gowa XIV. Katangka adalah jenis pohon yang dulu banyak tumbuh di lingkungan sekitar masjid Tua Al-Hilal. Masjid Tua Al-Hilal Katangka berlokasi di Katangka, Gowa, Sulawesi Selatan dan merupakan salah satu masjid tertua dan bersejarah di Indonesia.

  1. Masjid Mantingan.

Masjid ini didirikan oleh Kesultanan Demak pada tahun 1559. Model bangunan masjid Mantingan dikenal unik karena memiliki arsitektur khas China. Masjid Mantingan berada di Desa Mantingan, Kecamatan Tahunan, Jepara, Jawa Tengah.

  1. Masjid Agung Banten.
Baca Juga :   Masjid Al Furqon Sugihwaras Tak Gelar Sholat Ied

Masjid Agung Banten dibangun pada masa pemerintahan Sultan Maulana Hasanuddin sekitar tahun 1552. Salah satu ciri khas dari masjid Agung Banten adalah atap bangunan utama yang bertumpuk lima seperti pagoda China. Masjid Agung Banten terletak di kompleks bangunan masjid tertua di Desa Banten Lama, sekitar 10 kilometer sebelah utara Kota Serang.

  1. Masjid Menara Kudus.

Masjid ini dibangun oleh Sunan Kudus pada tahun 1549. Masjid Menara Kudus mempunyai bentuk unik karena memiliki menara seperti candi. Candi tersebut sendiri menggambarkan perpaduan budaya Islam dan Hindu. Masjid bersejarah Menara Kudus terletak di Desa Kauman, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

  1. Masjid Sultan Suriansyah.

Masjid Sultan Suriansyah dibangun pada tahun 1526 oleh Raja Banjar pertama di Kalimantan Selatan. Masjid Sultan Suriansyah memiliki arsitektur bergaya tradisional Banjar. Masjid Sultan Suriansyah terletak di utara Kecamatan Kesehatan, Banjarmasin Utara, Banjarmasin.

  1. Masjid Agung Demak.

Masjid bersejarah ini didirikan oleh Raden Patah dari Kesultanan Demak sekitar abad 15 atau lebih tepatnya pada tahun 1474. Masjid Agung Demak berada di desa Kauman, Demak, Jawa tengah.

  1. Masjid Ampel
Baca Juga :   Berikut 10 Pahlawan Nasional Asal Jawa Timur. Dari Bojonegoro Belum Ada, Harus Diusulkan!

Masjid ini berada di bagian utara Kota Surabaya, Jawa Timur. Bangunan masjid tertua Ampel memiliki gaya arsitektur Tiongkok dan juga Arab. Masjid Ampel didirikan oleh Sunan Ampel pada tahun 1421 dan merupakan salah satu masjid tertua dan bersejarah di Indonesia.

  1. Masjid Wapuauwe

Masjid ini adalah masjid tertua dan bersejarah di daerah barat Indonesia yang berdiri sejak tahun 1414 di Maluku dan dikenal sebagai pusat penyebaran Islam di Maluku pada masa lampau. Dulunya masjid Wapauwe bernama Masjid Wawane karena dibangun di lereng Gunung Wawane oleh Kesultanan Islam Jailolo dari Moloku Kie Raha.

  1. Masjid Saka tunggal

Masjid Saka Tunggal dibangun oleh Kyai Mustolih pada tahun 1288. Masjid Saka Tunggal memiliki satu tiang di bagian tengah masjid yang menggambarkan bahwa Allah itu satu. Masjid berseharah Saka Tunggal terletak sekitar 30 kilometer dari kota Purwokerto.

Itulah masjid-masjid tertua dan bersejarah di Indonesia, tentu nya masih banyak masjid-masjid tua dan bersajarah lainya.

Penulis : Syafik

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *