10 Kata Bijak Gus Baha, Bikin Hidup Tentram

oleh

Damarinfo.com – KH. Ahmad Bahauddin Nursalim ulama yang saat ini menjadi rujukan keilmuan para ulama di Indonesia. Keluasan ilmunya sudah tidak diragukan lagi, pengakuan keilmuanya tidak hanya datang dari umat islam tapi juga dari umat non muslim.

Terkenal karena kesederhanaannya, Gus Baha kerap kali memberikan petuah-petuah yang bijaksana dalam setiap kajiannya. Disamping itu, beliau banyak diidolakan oleh kaum muda karena tutur kata dan tindak tanduknya dapat memberikan pedoman hidup di tengah kehidupan yang dewasa ini banyak tuntutannya.

Berikut 10 Kata Bijak Gus Baha yang bisa dijadikan pegangan dalam mengarungi kehidupan ;

  1. “Jika dalam menghadapi hidup ada momen yang sangat berat, sehingga tak kuasa membendung tangis, maka istirahatlah sebentar. Kadang, beban itu perlu dilepaskan sebentar, tidak harus dipikul terus.”
  2. “Tidak menjadi apa pun juga tidak masalah. Tidak dikenal orang juga tidak masalah. Tidak diakui keberadaannya juga tidak masalah. Tidak dihormati juga tidak masalah. Justru bisa bersembunyi dari perhatian banyak orang malah lebih leluasa dan santai.”
  3. “Yang paling penting dari doa itu adalah pengakuan bahwa kita lemah dan butuh Allah. Soal hajatmu terkabul atau tidak, itu tidak penting, Allah sudah tahu. Kalau sudah gitu, baru berlaku kaidah doa adalah ruhnya ibadah.”
  4. “Seorang lelaki, harus menjadi petarung. Bukan petarung dalam hal fisik. Melainkan dalam hal keberanian. Hidup harus berani. Harus ada unsur berjuang. Setidaknya berjuang melawan rasa takut tidak punya uang.”
  5. “Tak masalah saat ini kamu miskin. Bisa jadi itu alasan Allah kelak untuk membawamu ke Syurga-Nya.”
  6. “Terkadang, mungkin Allah membuat hamba-Nya merasa kecewa. Namun percayalah, Ia hanya ingin engkau kembali berharap hanya kepada-Nya.”
  7. “Jangan pernah putus asa saat merasa dalam kesulitan, sebab Allah menyertakan kemudahan setelah kesulitan.”
  8. “Hidup tidak usah dibuat sulit, tidak usah ruwet. Asal tidak maksiat, bisa menjadi pribadi yang menyenangkan dan bermanfaat buat banyak orang serta tidak mengusik hidup orang lain, itu sudah cukup.”
  9. “Kamu itu tidak usah khawatir soal rezeki. Sejak Allah menciptakan langit dan bumi, telah memberi makan berbagai macam hewan, dan sampai sekarang rezeki itu belum habis. Apalagi sekedar memberi makan kamu.”
  10. “Ibadah itu bukan hanya ngaji. Orang nyangkul di sawah, bekerja untuk menafkahi keluarga juga terhitung ibadah.”

Demikian 10 nasehat Gus Baha yang bisa kita saksikan melalui channel-channel youtube yang menayangkan kajian-kajian Gus Baha.

Baca Juga :   10 Kata-kata Sayidina Utsman bin Affan. Patut Direnungkan

Editor : Syafik

Baca Juga :   Bukan Papua, Pemudanya Banyak yang Tidak Kuliah. Provinsi Manakah?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *