10 Destinasi Wisata Terbaru di Jogja. Keren-keren Lho…

oleh
(Tumpeng Menoreh. Foto : @tumbpengmenoreh)

Damarinfo.com – Jogja memang istimewa, utamanya soal Wisata, banyak sekali destinasi wisata yang tersaji di kerajaan pecahan Kerajaan Mataram ini dan semuanya menarik hati untuk dikunjungi. Jalan Malioboro adalah salah satu destinasi wisata yang tak boleh terlewat setiap kali berkunjung ke Jogja, pun Keraton Jogjakarta. Para pelancong juga dimanja dengan banyaknya candi di masa kerajaan Hindu- Buda, Borobudur, Prambanan, Mendut dan lain sebagainya

Wisata budaya menjadi cikal bakal pariwisata di Provinsi dengan empat Kabupaten ini,  namun hingga kini industri pariwisata terus berkembang, sehingga memunculkan tempat-tempat wisata baru yang tak kalah menarik, baik itu wisata buatan atau wisata alam atau gabungan dari keduanya.

Berikut 10 destinasi wisata baru di Jogja yang menarik untuk dikunjungi

  1. HEHA Skyview

HeHa Sky View terletak di Gunung Kidul sangat populer dan bisa dijangkau dalam 30 menit saja dari Kota Jogja. HeHa Sky View berisi tempat selfie, food stall, dan resto. Tempatnya sangat instagramable, banyak spot foto keren dengan pemandangan langit dan Kota Jogja dari ketinggian

  1. Teras Kaca

Terletak di Pantai Nguluran, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Teras Kaca Pantai Nguluran bisa dibilang merupakan gelombang terkini objek wisata di Jogjakarta yang relatif baru dan enggak cuma menawarkan pengalaman yang tiada duanya, tapi juga wahana yang estetik untuk berfoto demi media sosial terutama Instagram.

  1. Puncak Segoro

Puncak Segoro menjadi destinasi wisata terbaru di  Wiloso, Girikarto, Kec. Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta,  yang menawarkan sajian pesona sunset yang mempesona. Puncak Segoro Jogja sendiri berlokasi di pinggir pantai selatan Yogyakarta.

Kenapa di beri nama Puncak Segoro, Karena lokasinya berada di atas lautan dengan lanscape pemandangan alam yang luar biasa. Berupa tebing tinggi yang menghadap ke laut kidul membuat keindahan panorama yang di sajikan begitu istimewa

  1. Bukit Para layang
Baca Juga :   Pakai Aplikasi PeduliLindungi, Wisata Mazoola Siap Buka

Bukit Paralayang Parangtritis terdapat di Desa Giricahyo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Terletak sejauh 30 km dari Kota Yogyakarta. Tempat wisata ini masuk dalam kawasan wisata Pantai Parangtritis.

Seperti namanya, bukit ini digunakan sebagai tempat untuk landasan pacu olahraga paralayang. Para profesional banyak yang berlatih di sini. Bahkan, orang awam pun dapat mencoba paralayang karena terdapat instruktur yang akan mendampingi.

  1. Tebing Breksi

Kreativitas masyarakat Jogja memang layak mendapat pujian, bagaimana tidak? Sebuah bekas tambang batu  kapur disulap menjadi destinasi wisata yang menarik dan unik. Lokasinya berada di Jl. Desa Lengkong, RT.02/RW.17, Gn. Sari, Sambirejo, Prambanan, Sleman, DI Yogyakarta.

Dari ketinggian Breksi, pucuk-pucuk tiga candi utama Prambanan, pesawat-pesawat hilir mudik di Adisucipto, serta jalanan dan lampu-lampu Yogyakarta menjadi suguhan lanskap yang memanjakan dan menjadi daya tarik wisatawan. Makin indah semua ini saat senja meluruh di langit: bila awan sedang sembunyi, matahari tunggang terlihat dengan semua kemegahannya terbenam di garis semu Yogyakarta.

  1. Agro Wisata Bhumi Merapi

Lokasinya berada di Jl. Kaliurang Km.20, Hargobinangun, Pakem, Sleman, DI Yogyakarta Selain menyajikan wisata edukasi budidaya ternak dan perkebunan, Bhumi Merapi juga sangat populer akan spot-spot foto bertema Santorini, Alpen, dll.

  1. Obelix Hill

Obelix Hills adalah tempat wisata kekinian dengan pemandangan sunset dari ketinggian, resto, dan 30 spot foto. Obelix Hills bisa dijangkau dalam 1 jam dari Kota Jogja. Lokasinya berada di Klumprit, Wukirharjo, Prambanan, Sleman, DI Yogyakarta.

Obelix Hills memiliki pemandangan sunset yang memukau dan 30 spot foto. Memang ada beberapa spot foto yang berbayar, tetapi lebih banyak yang gratis. Meskipun begitu, Obelix Hills lebih sesuai untuk nongkrong dan menikmati pemandangan sunset daripada sekadar foto-foto selfie.

  1. Pule Payung

Tempat wisata baru yang berada di wilayah Kulon progo ini, menawarkan keindahan alam berlatar belakang keindahan alam bukit menoreh dan hamparan pepohonan hijau yang masih sangat asri ditambah keindahan waduk Sermo menjadikan siapa saja tertarik untuk mengabadikan momennya ditempat ini. Bukit Pulepayung menyuguhkan banyak spot kekinian yang membuat viral di dunia maya. Spot kekinian tersebut diantaranya Spot Sepeda Langit, Spot Wolu, Spot Angkasa, Spot Foto Jembatan Syurga, Spot Flying Fox, Spot Lolipop, Spot Jogja Giant Swing, dan Spot Wood Golf. Selain itu masih banyak lagi berbagai Spot Gardu pandang yang instagenik dan instagramable lainnya.

  1. Tumpeng Menoreh
Baca Juga :   Rangking Perguruan Tinggi di Bojonegoro Versi Webometrics. Siapakah yang Paling Unggul?

Tumpeng Menoreh sebetulnya adalah restoran yang dibangun di atas Perbukitan Menoreh kawasan Kulon Progo. Karena viewnya yang super cantik dan sering terselimuti kabut khas dataran tinggi, membuatnya jadi tempat healing yang asyik.

Berdiri di atas bukit setinggi 950 meter di atas permukaan laut, bangunannya sendiri memang unik berbentuk hexagonal tapi mengerucut ke atas layaknya tumpeng. Bahkan banyak orang rela datang subuh dini hari supaya mendapatkan momen sunrise atau matahari terbit dari balik bukit.

  1. Bukit Pengilon

Selanjutnya ada Bukit Pengilon yang menjadi spot wisata terbaru dan lagi hits di Jogja tahun 2022 ini. Berlokasi di kawasan Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul, tempat ini menawarkan perbukitan yang langsung bertemu lautan lepas di Selatan Jawa. Beberapa sumber menyebut kalau bukit ini sebetulnya merupakan kaki sebuah gunung purba jutaan tahun silam.

Pemandangan hijaunya perbukitan dan tebing batu karang, sangat kontras dengan birunya pemandangan lautan Samudera Hijau yang berombak deras. Memang butuh effort khusus ke area ini dan banyak yang berkunjung untuk sekalian mendirikan kemah lalu bermalam di lokasi. Tapi usaha ekstra untuk ke tempat ini terbayar dengan pemandangan indah dan ada air terjun yang langsung bertemu atau bermuara ke lautan.

Itu tadi 10 destinasi wisata baru di Jogja yang sangat disayangkan untuk dilewatkan saat berkunjung ke Jogja.

Editor : Syafik

Sumber : Dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *