10 Daerah dengan APBD Terbesar se Indonesia, Mana yang Paling Miskin?

oleh
oleh
(Ilustrasi. sumber :shutterstock.com)

damarinfo.com – Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK) Kementerian Keuangan Republik Indonesia merilis data  Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pemerintahan Provinsi dan Kabupaten/Kota se Indonesia melalui websitenya djpk.kemenkeu.go.id.

Dari data tersebut dapat diketahui Kabupaten/Kota dengan APBD terbesar hingga yang terkecil.  Kota Surabaya menjadi Kota dengan APBD terbesar tahun 2023 yakni sebesar Rp. 11,36 triliun. Disusul Kabupaten Bogor dengan APBD sebesar Rp. 9,34 triliun, di urutan ketiga ada Kota Medan dengan APBD sebesar Rp. 7,86 triliun.

Baca Juga :   41,6 persen Penduduk Miskin di Bojonegoro adalah Petani

Di urutan ke empat ada Kabupaten Kutai Kartanegara dengan APBD sebesar Rp. 7,78 triliun, dan di urutan ke lima adalah Kabupaten Bojonegoro dengan APBD sebesar Rp. 7,4 triliun.

Berikut grafik 10 Kabupaten/Kota dengan APBD terbesar se Indonesia, berdasar data dari Dirjen Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan Republik Indonesia

(Grafik 10 Kabupaten/Kota dengan APBD terbesar se Indonesia. Data diolah dari djpk.kemenkeu.go.id. Grafik : Syafik)

Dari 10 Kabupaten/kota tersebut angka kemiskinannya dibawah 10 persen, kecuali Kabupaten Bojonegoro yang berada di angka 12,21 persen. Besaran ini masih diatas angka kemiskinan nasional yakni sebesar 9,57 persen dan masih diatas angka kemiskinan jawa Timur yakni 10,49 persen.

Baca Juga :   Di Bojonegoro ada Ratusan Ribu Penduduk Sangat Miskin. Kecamatan Mana Terbanyak?

Angka kemiskinan Kabupaten Bojonegoro ini menjadikan Bojonegoro sebagai Kabupaten dengan angka kemiskinan tertinggi di antara 10 Kabupaten/Kota dengan APBD terbesar se Indonesia.

Berikut grafik angka kemiskinan 10 Kabupaten/Kota dengan APBD terbesar se Indonesia yang dikutip dari buku Data dan Informasi Kemiskinan Kabupaten/Kota tahun 2022 yang diterbitkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Republik Indonesia

(Grafik Angka Kemiskinan 10 Kabupaten/Kota dengan APBD terbesar se Indonesia. Data diolah dari Buku Data dan Informasi Kemiskinan Kabupaten/Kota tahun 2022. BPS RI. Grafik: Syafik)

Penulis: Syafik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *